Esemka Bima Dibilang Mirip Mobil China Changan Star Truck, Benarkah?

Berita Otomotif

Esemka Bima Dibilang Mirip Mobil China Changan Star Truck, Benarkah?

JAKARTA – Para warganet di Indonesia ramai membicarakan pikap Esemka yang baru meluncur. Kendaraan itu disebut-sebut berwajah mirip dengan salah satu mobil komersial dari merek China, Changan.

Setelah lama tak jelas rimbanya, Esemka akhirnya mengumumkan diri mereka ke publik lewat peluncuran pabrik serta dua model kendaraan pada Jumat (6/9/2019) di Boyolali, Jawa Tengah. Merek asal Surakarta, Jawa Tengah ini merilis pikap Bima 1.2 serta Bima 1.3. Presiden Joko Widodo turut hadir.

Tak berapa lama setelahnya, beredar dua foto perbandingan antara pikap Esemka tersebut dengan pikap China Changan Star Truck di internet. Para warganet pun berkomentar bahwa keduanya mirip.

“Mobil Esemka Bima akhirnya diluncurkan. Yang bikin kaget enggak lama beredar foto-foto perbandingan antara Si Bima dengan Si Changan Star Truck. Tapi berpikir positif saja, siapa tahu cuma mirip…,” tulis akun Facebook Bung Piepit Interista sambil memperlihatkan gambar model dari dua merek ini di statusnya.

Tapi, benarkan keduanya benar-benar identik? Mari kita telusuri dari foto-foto Bima dalam acara peluncuran, brosur spesifikasinya, plus foto serta spesifikasi Star Truck dalam situs resmi Changan.

Menariknya, penampakan keduanya di foto yang beredar di internet berbeda dengan foto Bima dalam acara peluncuran atau pun foto Star Truck di laman daring Changan. Namun, spesifikasi mesin 1.2-liter Bima dan Star Truck diketahui sama persis.

Grille depan mirip, tapi tidak sama. Grille milik Star Truck lebih panjang dengan palang-palang horizontal.

Milik Bima, di sisi lain, lebih mirip dengan desain Kidney Grille BMW meski tentu saja level kemewahannya amat jauh berbeda.

Bima masih menggunakan pelek kaleng. Adapun Star Truck sudah sedikit lebih rapih dengan pelek palang lima.

Soal dimensi bodi, Bima lebih lebar daripada Star Truck, tapi dengan ketinggian yang sama. Star Truck sendiri lebih panjang.

Bima memiliki panjang 4.560 mm, lebar 1.645 mm, tinggi 1.890 mm. Star Truck berpanjang 4.660 mm, lebar 1.620 mm, tinggi 1.890 mm.

Satu-satunya komponen yang persis sama adalah power train. Keduanya menggunakan mesin 1.243 cc E-Power 14 DOHC. Gelontoran daya sama-sama 72 kW (sekitar 97 hp) dengan torsi 119 Nm untuk Bima dan 112 Nm untuk Star Truck.

Dengan kesamaan mesin ini, memang wajar jika ada anggapan bahwa Bima adalah Changan berganti logo. Pembedaan eksterior antara dua pihak melakukan kolaborasi model juga hal lumrah di industri otomotif, contoh Rush-Terios, Avanza-Xenia, Xpander-Livina dan masih banyak lagi. Namun, tentu saja semua masih dugaan dan butuh konfirmasi dari Esemka. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support