Pemerintah Janji Akan Hadirkan Bos Esemka untuk Buka-Bukaan

Berita Otomotif

Pemerintah Janji Akan Hadirkan Bos Esemka untuk Buka-Bukaan

JAKARTA - Pemerintah, dalam hal ini Kementerian Perindustrian, berjanji akan membawa para petinggi Esemka ke depan media massa untuk menjawab segala pertanyaan dan isu yang muncul tentang mobil-mobil mereka sekarang.

Seperti diketahui, Esemka akhirnya menyingkap diri mereka di depan publik luas pada 6 September 2019. Mereka mengadakan seremoni pembukaan pabrik dan dua model pikap, Bima 1.2 dan Bima 1.3, di Boyolali, Jawa Tengah, yang turut dihadiri Presiden Joko Widodo.

Namun banyak pertanyaan yang mengemuka soal Esemka. Salah satunya soal dugaan ‘ganti logo’ mobil China Changan Star Truck menjadi Bima.

Sayangnya, para eksekutif Esemka masih bungkam. Dalam konferensi pers bertema komponen Esemka pada Rabu (11/9/2019) yang diadakan oleh Kementerian Perindustrian, Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Perkumpulan Industri Komponen Kecil-Menengah Otomotif (Pikko) dan Gabungan Industri Alat Mobil dan Motor (GIAMM), pertanyaan ganti logo itu pun tidak dijawab secara tegas.

Narasumber-narasumber dari pemerintah serta ragam asosiasi industri otomotif di dalam acara hanya memberi gambaran bahwa hal itu merupakan praktik yang sudah biasa terjadi di industri otomotif.

Masih banyak lagi pertanyaan-pertanyaan yang dilempar secara bertubi-tubi oleh para pewarta. Seperti misalnya soal keabsahan komponen lokal 62 persen yang diklaim Esemka, spesifikasi mesin Bima 1.2 yang sama persis dengan Changan Star Truck, maupun tentang detail komponen yang sudah dirakit lokal maupun yang masih diimpor.

Lagi-lagi, para narasumber dari pemerintah maupun berbagai asosiasi ini tidak bisa menjawabnya. Narasumber dari PT. Solo Manufaktur Kreasi selaku pabrikan Esemka pun tidak hadir.

Putu Juli Ardika, Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan Kementerian Perindustrian mengatakan bahwa mereka tidak bisa berbicara mewakili Esemka. Ia hanya mewakili pemerintah saja.

Para narasumber dari Gaikindo, Pikko, GIAMM pun tidak bisa merepresentasikan Esemka dalam memberikan jawaban.

“Untuk pertanyaan-pertanyaan seperti tadi, kami dalam waktu dekat akan atur pertemuan dengan Esemka untuk bisa ketemu dan ngobrol nanti. Saya juga enggak mau jawab mewakili Esemka, saya wakil dari pemerintah,” tandas Putu.

Ia berjanji bakal memfasilitasi jumpa pers dengan Esemka. Adapun waktunya, menurut dia, kemungkinan pada pekan depan. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support