Elon Musk Kembali Lontarkan Ide Nyeleneh, Bikin Klakson Bersuara Kentut

Berita Otomotif

Elon Musk Kembali Lontarkan Ide Nyeleneh, Bikin Klakson Bersuara Kentut

CALIFORNIA - Founder Tesla Elon Musk memberitahukan bahwa bunyi klakson seluruh model mobil mereka dalam waktu dekat akan bisa diubah-ubah, salah satunya dengan suara kentut.

Musk, pada akhir pekan lalu, mengatakan via Twitter bahwa para pemilik mobil listrik Tesla segera bisa memodifikasi suara klakson serta bunyi fitur peringatan pejalan kaki (Pedestrian Safety Alerts). Jika para pabrikan otomotif lain saling berkompetisi membuat suara khas yang unik dan hanya dimiliki model-model mereka, Tesla berbeda karena ingin memasang suara-suara lucu dan mungkin terkesan jorok seperti suara kentut.

Seperti diketahui, saat ini semakin banyak negara yang mendorong perkembangan jumlah kendaraan ramah lingkungan dan mereka kompak mengarahkannya ke mobil listrik. Permasalahannya, teknologi tersebut sangat senyap sehingga dinilai berbahaya bagi para pengguna jalan.

Regulasi baru di Amerika Serikat sudah mewajibkan mobil-mobil listrik harus mengeluarkan suara eksternal jika berjalan dengan kecepatan di bawah 20 mil per jam (sekitar 32 km/jam). Beberapa mobil listrik maupun hybrid sudah memiliki sistem tersebut, tapi Tesla baru memasangkannya di sedan listrik termurah mereka, Model 3.

Kendaraan yang baru saja dibeli oleh selebritas Indonesia Deddy Corbuzier tersebut bisa memproduksi ‘pink noise’ (suara serupa tv tanpa sinyal) saat berjalan maju, juga bunyi mirip pesawat UFO di film-film fiksi ilmiah era 1950-an ketika mundur.

Musk mengatakan suara-suara lebih variatif segera muncul, tak hanya di Model 3 tapi juga seluruh model. Ada suara derap kuda, kentut, maupun suara embikan kambing.

Suara kentut sendiri sudah ada di Model 3. Bunyi ini dapat dipasang untuk aktif setiap sinyal lampu sein dinyalakan atau ‘on demand’ untuk mengerjai para penumpang di dalam kabin. Soalnya, ‘kentut’ dapat berbunyi melalui pengeras suara di keempat sisi kabin: pengemudi, penumpang depan, penumpang belakang kiri atau kanan.

Satu hal lagi adalah penambahan bunyi semacam klakson baru di bagian belakang kendaraan yang bakal berbunyi saat mobil berjalan mundur untuk keluar dari tempat parkir. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support