Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Hyundai Mulai Bangun Pabrik Baterai Mobil Listrik di Cikarang

Berita Otomotif

Hyundai Mulai Bangun Pabrik Baterai Mobil Listrik di Cikarang

JAKARTA – Hyundai mulai membangun salah satu dari dua pabrik baterai mereka.

Pabrik baterai mobil listrik Hyundai Energy Indonesia (HEI) yang berlokasi di Cikarang, Bekasi tersebut memulai pemancangan tiang perdana pada akhir Mei 2023 kemarin.

Pabrik ini merupakan hasil kolaborasi antara Hyundai Motor Manufacturing Indonesia dengan Hyundai Mobile Systems (Mobis). Nantinya, pabrik dengan nilai investasi 60 juta dollar AS (sekitar Rp900 miliar) akan merakit sel-sel baterai mobil listrik untuk menjadi satu kesatuan yang utuh.

Adapun sel-sel baterai ini bakal dibuat di satu pabrik lagi yang berlokasi di Karawang, Jawa Barat yang masih dalam proses pembangunan. Kedua pabrik tersebut bakal menguatkan rantai pasok komponen mobil listrik Hyundai di Tanah Air.

Pabrik baterai mobil listrik di Cikarang, Bekasi sendiri ditargetkan memulai produksi massal pada paruh pertama 2024.

Hyundai Ioniq 5

“Pembangunan pabrik battery system ini semakin menegaskan komitmen Hyundai dalam memimpin elektrifikasi  di industri otomotif Indonesia. Adapun investasi yang diputuskan sudah melalui pertimbangan matang dan terukur dari principle global Hyundai untuk memastikan kapabilitas fasilitas tersebut dalam mendukung rantai pasok kendaraan listrik secara maksimal,” kata President Director Hyundai Energy Indonesia Chang Oug Hong, seperti dikutip dari keterangan resmi.

Pabrik baterai mobil listrik Hyundai Cikarang dibangun di atas lahan seluas 32.188 meter persegi. Selain untuk model-model yang bakal dijual di pasar domestik, hasil perakitan di sana juga akan dipakai oleh model-model untuk pasar Asia Tenggara mulai 2024.

Dengan begitu, Indonesia menjadi hub produksi mobil listrik beserta komponen-komponennya di region itu.

Hyundai Ioniq 5

“Upaya kami dalam memperkuat ekosistem kendaraan listrik Hyundai di Indonesia menegaskan posisi perusahaan yang memegang peran penting untuk mendukung pemerintah dalam memajukan ekosistem kendaraan listrik Tanah Air dan menjadi yang terdepan di Asia Tenggara. Pabrik battery system ini pun memegang peran penting dalam melengkapi value chain dari kendaraan listrik di  Indonesia,” ujar President Hyundai Motor ASEAN Headquarters Young Tack Lee.

“Dengan infrastruktur kami yang makin komprehensif, upaya ini juga membantu kami  untuk memberi nilai tambah dalam menanggapi tren dan kebutuhan di pasar serta mendorong  keberlangsungan industri dengan meningkatkan fokus pada elektrifikasi. Pembangunan pabrik  battery system ini juga menegaskan komitmen Hyundai untuk memimpin elektrifikasi industri  otomotif Indonesia,” tutupnya. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang