Hyundai dan Kia Bersiap Luncurkan Banyak SUV Baru Tahun Depan

Berita Otomotif

Hyundai dan Kia Bersiap Luncurkan Banyak SUV Baru Tahun Depan

SEOUL – Hyundai dan Kia membocorkan rencana meluncurkan banyak sport utility vehicle (SUV) baru yang dirakit di Korea Selatan maupun di Amerika Serikat (AS).

Demi menghadirkan banyak SUV anyar mulai tahun depan, Hyundai dan Kia akan menggabungkan sumber daya produk serta produksi mereka. Pada akhir 2019, dua merek yang tergabung dalam Hyundai Group itu berambisi memiliki lini SUV lengkap, mulai dari compact crossover hingga SUV besar berkapasitas delapan penumpang.

Wonhee  Lee, Chief Executive Officer Hyundai Motor Company  dalam wawancara dengan Automotive News belum lama ini mengatakan bahwa produk-produk baru tersebut bakal meningkatkan profitabilitas mereka. Gempuran berbagai SUV baru ini juga dilakukan untuk membuat penjualan di AS bertumbuh tahun depan meskipun permintaan mobil secara keseluruhan di ‘Negeri Paman Sam’ diperkirakan turun.

“Strategi kami adalah meluncurkan lebih banyak SUV. Kami akan punya lini SUV lengkap. Kami berusaha meningkatkan kemampuan kami beradaptasi dengan pasar. Saat pasar SUV berkembang, kami bisa sejalan dengan itu,” ujar Wonhee di kantor pusat mereka di Seoul, Korea Selatan.

Tren positif pasar SUV, menurut dia, akan berkembang sependek-pendeknya sampai lima tahun ke depan. Rencana ekspansi SUV pada 2019 hanya berlaku untuk untuk Hyundai  plus Kia, belum untuk merek Genesis yang rencananya baru mempunyai SUV pada 2020.

Detail Produk
Banyak dari SUV baru Hyundai – Kia yang dibeberkan pula. Pada musim semi 2019, Kia akan mengaspalkan SUV tiga baris bernama Telluride, disusul compact crossover anyar pada semester kedua.

Telluride nantinya diproduksi di pabrik Kia di West Point, AS. Adapun compact crossosver Kia yang terinspirasi SP Concept di India Auto Expo kelak dirakit di pabrik Korea Selatan, kemudian diimpor utuh ke AS.

Hyundai, di sisi lain, bakal meluncurkan SUV delapan penumpang yang kemungkinan bernama Palisade. Produk ini kelak menyaingi Toyota Higlander serta Chevrolet Traverse.

Pada semester kedua, muncul full-size crossover yang belum disebutkan namanya. Akan ada pula crossover segmen A dengan kode QX.

Wonhee menyebut pihaknya mempunyai pula proyek jangka panjang yaitu SUV listrik. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar