Honda N7X ‘Wujud’ Investasi Honda di Indonesia untuk Pengembangan Model Baru

Berita Otomotif

Honda N7X ‘Wujud’ Investasi Honda di Indonesia untuk Pengembangan Model Baru

JAKARTA – Honda N7X Concept merupakan salah satu realisasi dari komitmen investasi tambahan Honda di Indonesia.

Diberitakan sebelumnya, N7X Concept menjalani world premiere (debut global) secara virtual di Indonesia pada Senin (3/5/2021). Purwarupa ini disebut – sebut mobil yang akan ‘meredefinisi pengalaman berkendara dan memenuhi ekspektasi konsumen’ terhadap sebuah kendaraan tujuh penumpang’.

Yusak Billy selaku Business Innovation, Sales, and Marketing Director PT. Honda Prospect Motor (HPM) mengatakan N7X Concept dibuat oleh Honda R&D Asia Pacific melalui riset dan pengembangan mendalam terhadap pasar serta konsumen Indonesia. Ia kemudian menyebut soal peluang membuat SUV konsep ini menjadi model produksi massal.

Honda N7X Concept 2021

Lebih lanjut, Billy juga menyinggung N7X merupakan contoh nyata realisasi investasi lanjutan Honda di Tanah Air. Sebagai informasi, pabrikan tersebut menginformasikan rencana penanaman modal baru senilai total lebih dari Rp5 triliun, ketika Agus Gumiwang Kartasasmita selaku Menteri Perindustrian melakukan kunjungan ke Jepang pada 10 – 11 Maret 2021.

Model - model baru itu tak hanya diproduksi lokal, tapi juga diekspor. Model – model baru itu mulai hadir di pasar pada 2022.

“Soal investasi itu, kan, bicara ada dua (tujuan). Pertama adalah business plan (rencana bisnis) kami untuk pengembangan model – model baru. Ini (N7X Concept) termasuk salah satunya. Kedua ialah pengembangan komponen lokal kendaraan,” papar Billy dalam konferensi pers debut global N7X Concept via Zoom.

Secara dimensi, N7X Concept ia sebut masih ada di kategori segmen SUV murah, yang di Indonesia disebut sebagai low SUV (LSUV). Panjang, lebar, maupun tingginya sendiri dikatakan melebihi BR-V, LSUV Honda saat ini.

Honda N7X yang diduga cikal bakal Honda BR-V generasi baru

Akan tetapi, Billy belum mau mengatakan apakah N7X Concept bakal menjadi BR-V generasi terbaru atau malah penggantinya, jika jadi diproduksi secara massal. Ia memberi sedikit petunjuk bahwa jawaban mengenai hal tersebut akan diketahui dalam Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021.

GIIAS 2021 sementara ini dijadwalkan berlangsung pada 12 – 22 Agustus di Serpong, Tangerang. Setelah GIIAS tahun lalu batal akibat pandemi virus Corona (Covid-19), sejauh ini informasi yang didapat adalah GIIAS 2021 masih tetap akan dilaksanakan. [Xan]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar