Ketahuan, Honda Kembangkan Mobil-Mobil Baru untuk Pasar Indonesia Nih!

Berita Otomotif

Ketahuan, Honda Kembangkan Mobil-Mobil Baru untuk Pasar Indonesia Nih!

JAKARTA – Pejabat pemerintah membeberkan adanya pengembangan model-model baru Honda untuk pasar Indonesia, yang juga akan diekspor ke puluhan negara.

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita pekan lalu menegaskan adanya komitmen investasi sekitar Rp 5,2 triliun dari Honda Motor Corporation di Indonesia hingga 2024. Uang tersebut akan digunakan untuk pengembangan komponen lokal Brio Satya plus model baru.

“Ini (investasi Rp 5,2 triliun) termasuk pengembangan model baru yang akan dijual di Indonesia,” ucap Agus dalam konferensi pers virtual dari Jepang pada 11 Maret 2021.

Dia berada di Jepang pada 10 - 11 Maret kemarin antara lain untuk melobi pabrikan – pabrikan otomotif asal ‘Negeri Sakura’. Menteri dari Partai Golkar ini merayu mereka agar menambah investasi serta memperluas ekspor.

Menteri Perindustian Agus Gumiwang Kartasasmita

Lebih lanjut, perkuatan model-model baru Honda hasil rakitan Indonesia dimulai sejak 2022. Pabrikan berlogo ‘H’ ini bahkan tak hanya menyasar pasar domestik, tapi juga ekspor.

“Mereka sudah memberi komitmen akan menambah negara – negara tujuan ekspor dengan memperkuat model baru yang akan dimulai pada 2022. Model baru ini disebut bukan hanya berpotensi diekspor, tapi malah sudah diputuskan untuk diekspor ke 31 negara tujuan dari Asia, Afrika, Amerika Utara, Amerika Tengah, Amerika Selatan,” papar Agus lagi.

Saat ini, Honda baru mengekspor satu model rakitan Indonesia yakni Brio. Negara tujuannya pun hanya dua yaitu Vietnam plus Filipina.

Honda Brio RS

Honda pun mengekspor komponen – komponen mobil dari pabrik mereka di Nusantara. Negara tujuan ekspor komponen tak hanya sekitar Asia Tenggara (ASEAN), tapi hingga ke region lain.

“Honda sampai hari ini telah melakukan ekspor sangat besar dalam hal autoparts (komponen otomotif). Jadi, komponen – komponen mobil yang diproduksi di Indonesia itu dikirim dan menjadi bagian dari global supply chain (rantai suplai global). Ekspornya dari Indonesia ke Thailand, Malaysia, Vietnam, Jepang, Pakistan, Arab Saudi, dan lain – lain. Totalnya ada sembilan negara tujuan ekspor autoparts produksi Indonesia. Ini juga satu hal yang akan mereka dorong,” terang Agus.

Diberitakan sebelumnya, Honda pun bersiap merelokasi pabrik dari India ke Indonesia. Selain Honda, Suzuki juga menegaskan komitmen investasi Rp 1,2 triliun terkait rencana menghadirkan XL7 serta Ertiga hybrid. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar