Honda Grazia akan Hadir Tantang Yamaha FreeGo

Berita Otomotif

Honda Grazia akan Hadir Tantang Yamaha FreeGo

NEW DELHI – Honda India siap melahirkan generasi terbaru dari Grazia 125

Skuter matik terus meraih popularitas yang semakin meningkat khususnya di Asia. Produk ini digemari sebagai moda transportasi favorit masyarakat karena banderolnya terjangkau dan efisien digunakan sehari-hari atau komuter.

Motor ini efisien karena bobotnya ringan, kapasitas mesin kecil sehingga mudah dikendalikan. Populasi skutik meningkat drastis terlebih yang entry-level, bahkan di Indonesia sendiri populasinya kurang lebih mencapai 80 persen, dibandingkan dengan kendaraan jenis lainnya.

Tidak ubahnya di India yang populasi sepedamotornya juga cukup banyak. Honda sebagai salah satu produsen sepedamotor yang populer di India, merilis teaser calon produk terbarunya yakni generasi terbaru dari Grazia 125.

Motor ini diklaim telah lolos regulasi emisi BS6 (setara Euro 6). Selain itu sebagai kendaraan masa kini, Honda Grazia dikatakan telah dibenamkan fitur konektivitas Bluetooth. Selain efisien, tentunya kendaraan ini nyaman untuk digunakan sehari-hari karena bisa terus terhubung dengan dunia luar selama perjalanan.

Generasi terbaru skutik ini terlihat lebih menonjolkan sudut-sudut tajam yang memberikan kesan futuristik. Kekinian yang diadopsi oleh all-new Grazia 125 adalah penggunaan lampu jenis LED. Fascia kendaraan roda dua ini juga menyiratkan huruf V mulai dari lampu hingga sein.

Bentuk-bentuk dengan garis tajam juga terlihat hingga bagian belakang kendaraan. Hal ini memberikan kesan sporti pada kuda besi yang akan masuk ke pasar Bollywood nan sesak. Dibandingkan generasi sebelumnya, versi terbarunya seperti seolah menunjukkan India mulai membaik selera desainnya.

Salah satu indikator motor modern adalah penggunaan panel instrumen digital. Meskipun belum berwarna, namun upaya yang dilakukan oleh pabrikan motor berlambang Sayap Mengepak ini cukup memberikan penyegaran.

Dikatakan bahwa all-new Honda Grazia juga telah dilengkapi dengan fitur ACG. Fitur ini memberikan kenyamanan saat stater motor. Karena tidak menimbulkan getaran dan suara yang berisik. Saat ini teknologi generator pintar telah diterapkan pada beberapa merek.

Jantung mekanis sebesar 124 cc berpendingin cairan, dibantu dengan pengabut bahan bakar jenis injeksi. Mesin ini dikatakan mirip dengan Honda Activa 125 Fi yang juga dipasarkan di sana (India). Mungkin di Indonesia kurang lebih mirip dengan Vario yang melegenda.

Mesin mungil Honda Grazia tersebut diklaim mampu menghasilkan daya maksimal 8.1 hp dengan torsi puncak 10.3 Nm. Dengan daya sebesar itu, dianggap cukup sebagai kendaraan komuter yang bisa diandalkan sehari-hari.

Sebagai motor entry-level, motor ini dikabarkan akan dipasarkan dengan harga cukup murah yakni Rp 13 jutaan. Di Indonesia Honda BeAt 110 cc saja harganya sudah melebihi Rp 18 jutaan. [Dew/Ari]



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar