Yamaha Xmax dan Honda Forza Ternyata Gunakan Busi Unik

Berita Otomotif

Yamaha Xmax dan Honda Forza Ternyata Gunakan Busi Unik

JAKARTA – Yamaha Xmax dan Honda Forza diciptakan dengan menggunakan busi yang memiliki fitur unik.

Busi sebagai salah satu komponen pengapian yang sangat diandalkan, dirancang menyesuaikan bentuk dan karakter dari mesin. Busi dituntut untuk bisa menghadirkan percikan api yang dibutuhkan untuk melakukan pembakaran.

Selain itu busi juga dituntut mampu membersihkan diri dan tahan dari gempuran panas mesin. Pabrikan busi juga terus mengembangkan teknologi dan inovasi yang selaras dengan trend perkembangan mesin terkini.

Honda Forza dan Yamaha Xmax hadir sebagai skutik dengan mesin yang telah mengadopsi teknologi terkini. Jantung mekanis yang disematkan pada kedua kuda besi bongsor tersebut memiliki desain yang unik, walhasil busi yang digunakan juga unik.

Baik Yamaha Xmax maupun Honda Forza menggunakan busi NGK tipe LMAR8A-9. Busi ini dikatakan memiliki fitur unik yang telah menyesuaikan dengan bentuk mesin. Fitur yang ditawarkan pada busi NGK tipe tersebut di atas, adalah Long Reach.

Fitur Long Reach pada busi NGK LMAR8A-9 artinya lebih panjang dari busi pada umumnya. Bagian ulir busi ini panjang mencapai 26.5 mm, sedangkan busi pada umumnya hanya 19 mm. Fitur ini memiliki berbagai keunggulan antara lain.

  • Meningkatkan efisiensi sistem pendingin yang lebih besar dengan tujuan menaikkan kompresi
  • Ruang bakar dan sudut katup yang lebih kecil menghasilkan efisiensi yang tinggi
  • Jalur pendinginan lebih lebar dan mencegah knocking
  • Lubang lebih kecil menjadikan desain mesin lebih fleksibel

“Busi NGK LMAR8A-9 untuk Forza dan Xmax memiliki fitur yang cukup berbeda dari busi motor pada umumnya. Busi ini diciptakan dengan ulir lebih panjang dengan mengedepankan berbagai keunggulan yang dimiliki,” Ucap Diko Oktaviano, Technical Support PT NGK Busi Indonesia.

Dengan bentuk busi yang semakin mengecil, pabrikan motor membuat water jacket yang lebih besar. Water jacket juga berfungsi mendinginkan busi karena dengan ulir yang semakin panjang, memberi jarak pada bagian keramik busi. Bagian keramik pada busi sendiri bertugas sebagai alat pendingin busi. Dikatakan saat pabrikan motor menciptakan mesin yang mampu menghasilkan tenaga besar, namun dimensi mesinnya kompak atau tergolong kecil. [Dew/Ari]



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar