Honda Forza 350 Tinggalkan Yamaha Xmax

Berita Otomotif

Honda Forza 350 Tinggalkan Yamaha Xmax

BANGKOK – Honda Forza 350 hadir untuk pertama kali pada ajang Bangkok International Motor Show 2020, dan kini disebut lebih advance dibandingkan Yamaha XMax.

Honda Forza 350 hadir dengan menambah panjang jajaran skutik gambot manufaktur berlambang Sayap Mengepak, setelah ada Forza 250 dan Forza 300. Tidak hanya itu, Honda Forza 350 ditawarkan dalam dua pilihan varian yakni standar dan Touring. Varian terakhir disebut memiliki tambahan box atas yang mendukung konsumen pencinta touring.

Motor ini dibekali dengan mesin 329.6 cc satu-silinder 4-valve berpendingin cairan. Tenaganya bisa dipastikan lebih besar daripada Forza 300. Meskipun pihak pabrikan motor berlambang Sayap Mengepak ini belum merilis spesifikasi mesinnya. Forza 300 sendiri mampu melecutkan daya 25.1 hp pada 7.000 rpm dan torsi 27.2 Nm pada 5.750 rpm.

Dikabarkan bahwa Honda Forza 350 sudah mengantungi standar emisi Euro 5. Meskipun masih menggunakan model penggerak yang sama yakni CVT, namun skutik gambot ini mengusung fitur Honda Selectable Torque Control (HSTC) atau traction control.
Honda Forza 350

Mesin Forza 350 bertumpu pada rangka turbular baja, lalu ditopang dengan fork teleskopik untuk depan dan shock absorber adjustable pada belakang. Sama seperti Yamaha Xmax, Forza terbaru ini menggunakan kombinasi ban depan lebih besar daripada ban belakang. Ban depan berukuran 15 inci, sementara belakang 14 inci.

Fitur lain yang disematkan pada motor ini meliputi adjustabe windscreen. Kaca penahan angin tersebut mampu ditinggikan hingga 150 mm. Selain itu, Forza 350 juga dilengkapi dengan keyless ignition dan pastinya USB Charger sebagai motor masa kini.

Honda Forza 350 dipasarkan dengan harga Rp 80 jutaan. Lebih mahal dari Forza 250 di Indonesia yang dipasarkan Rp 70 jutaan. Motor ini sejatinya susah masuk pasar Indonesia karena standar emisinya terlalu tinggi.

Hadirnya Honda Forza 350 semakin meninggalkan Yamaha Xmax 300 di Thailand yang masih berkapasitas 292 cc. Fitur yang diusung oleh Xmax juga semakin kalah dengan Forza 350 yang telah dibenamkan dengan Traction Control.  [Dew/Ari]



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar