Siap-siap, Yamaha Xmax dan Honda Forza Bakal Punya Saingan Baru

Berita Otomotif

Siap-siap, Yamaha Xmax dan Honda Forza Bakal Punya Saingan Baru

GUANGDONG – Zontes siap menghadirkan pesaing Yamaha Xmax 300 dan Honda Forza 300.

Persaingan skutik gambot di Asia akan semakin ramai, terlebih manufaktur asal China berbondong-bondong menghadirkan produk-produk serupa. Sebut saja Kymco dan SYM yang juga punya cukup banyak penggemar di Indonesia.

Produsen asal Eropa seperti BMW dan Peugeot menemani Vespa yang telah lebih dulu melegenda. Namun seperti diketahui bahwa motor buatan Eropa memiliki gengsi yang lebih besar, sehingga harga yang dipasarkan jauh lebih mahal.

Persaingan sengit didapati oleh dua pabrikan asal Jepang yakni Yamaha dan Honda. Produsen China memberikan harapan bagi konsumen dengan menawarkan harga lebih murah, namun fitur yang dijejali sama saja bahkan lebih baik.

Berdasarkan Weibo (Twitter milik China), Zontes tengah menyiapkan produk terbarunya yang berjenis skutik. Zontes ZT300T-M digadang-gadang bakal menjegal Honda Forza 300 dan Yamaha Xmax 300 di pasar Asia.

Zontes ZT300T-M mengusung mesin 309 cc satu-silinder yang diklaim mampu menghasilkan daya 33 hp. Outputnya lebih besar daripada ­Forza yang hanya 25 hp dan Yamaha Xmax 28 hp. Adapun torsi ketiga motor tersebut juga menunjukkan ZT300T-M masih paling superior dengan 32 Nm, Forza 300 27.2 Nm dan Xmax 300 29 Nm.

Berdasarkan spesifikasi yang dirilis, ZT300T-M mampu dipacu hingga kecepatan 145 km/jam. Cukup cepat untuk sebuah skutik gambot yang sejatinya dirancang sebagai kendaraan komuter.

Lalu ZT300T-M dikatakan memiliki fitur-fitur terkini seperti pengereman model ABS, Panel Instrumen digital TFT dan lampu yang menggunakan teknologi LED. Tidak disebutkan kapasitas dari bagasi motor buatan China ini, namun sebagai skutik bertubuh besar tentunya diharapkan mampu menampung barang lebih banyak.

Bagian paling menarik dari skutik gambot ini adalah tampilan yang sangat futuristik. Bisa dibilang wujud motor ini lebih mirip robot yang hadir dari masa depan. Beberapa sumber mengatakan tampilan motor ini lebih mirip robot Gundam.

Bentuk lampu dengan tekukan yang sangat tajam, membuatnya mirip dengan robot. Namun dalam beberapa sudut, bentuk ZT300T-M sedikit mirip Yamaha Xmax. Zontes ZT300T-M berdasarkan gambar bocorannya memiliki dua pilihan warna yakni Hitam Merah dan Putih Biru.

ZT300T-M rencananya akan dipasarkan pasa Agustus 2020 dengan kisaran harga Rp 60 jutaan. Yamaha Xmax 300 dipasarkan senilai Rp 102 juta dan Honda Forza 330 Rp 92 jutaan. [Dew/Ari]



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar