Harga Pertamax dan BBM Non-Subsidi Lain Turun Mulai 5 Januari 2019

Berita Otomotif

Harga Pertamax dan BBM Non-Subsidi Lain Turun Mulai 5 Januari 2019

JAKARTA – Harga Pertamax maupun Bahan Bakar Minyak Non-Subsidi Pertamina lain diturunkan dengan kisaran beragam di awal 2019.

Pertamina, melalui keterangan resmi pada Jumat (4/1/2019), mengumumkan penurunan harga lima BBM non-subsidi yaitu Pertalite, Pertamax, Pertamax Turbo, Dexlite, Dex. Adapun harga terbaru, menurut Mas’ud Khamid selaku Direktur Pemasaran Retail, efektif berlaku mulai Sabtu (5/1/2019) pkl 00.00 waktu setempat.

Pertalite turun sebesar Rp 150 per liter, sedangkan Pertamax maupun Pertamax Turbo turun masing-masing Rp 200 per liter serta Rp 250 per liter. Dua BBM non-subsidi untuk mobil diesel, Dexlite dan Dex, berkurang banderol harganya masing-masing Rp 200 per liter serta Rp 100 per liter.

Dengan koreksi harga ini, harga Pertalite untuk wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek) menjadi Rp 7.650 per liter, sementara harga Pertamax menjadi Rp 10.200 per liter. Pertamax Turbo mulai tanggal tersebut menjadi Rp 12.000 per liter.

Dexlite menjadi Rp 10.300 per liter. Jenis BBM terakhir, Dex, menjadi Rp 11.750 per liter.

Sebelumnya, Pertamina sempat menaikkan harga BBM non-subsidi dengan kisaran Rp 900 - 2.200. Hal itu dilakukan pada Oktober 2018.

Penurunan harga BBM kali ini terjadi berkat turunnya harga rata-rata minyak mentah dunia plus penguatan rupiah terhadap dollar Amerika Serikat (AS). Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati, menjelaskan bahwa penyesuaian harga yang mereka lakukan sudah sesuai dengan mekanisme dan peraturan berlaku.

“Kami telah berkordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat, terutama pelanggan setia produk-produk Pertamina,” ujar Nicke dalam keterangan pers.

Harga baru yang berlaku di beberapa daerah bisa berbeda-beda karena dipengaruhi oleh perbedaan besaran Pajak Bahan Bakar Kendaraan Bermotor (PBBKB) di masing-masing daerah. Untuk detail harga BBM dapat dilihat di situs resmi Pertamina.

Terus Evaluasi
Mas’ud menambahkan Pertamina akan terus mengevaluasi secara berkala harga BBM tersebut sesuai dengan dinamika  harga minyak mentah dan nilai tukar rupiah di pasar global. Pertamina berharap penyesuaian harga ini dapat meningkatkan loyalitas masyarakat yang sudah menjadi pelanggan produk Pertamina.

Ini juga menjadi upaya perusahaan untuk mengajak masyarakat untuk menggunakan produk-produk BBM berkualitas. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar