Harga Mobil Hyundai Naik Hingga Rp 12 Juta karena BBN

Berita Otomotif

Harga Mobil Hyundai Naik Hingga Rp 12 Juta karena BBN

JAKARTA - Harga mobil Hyundai pada awal tahun ini naik dengan nominal beragam karena penyesuaian tarif Bea Balik Nama (BBN) terbaru. Kenaikan tertinggi mencapai Rp 12 juta.

Hendrik Wiradjaja, Deputy Marketing Director PT. Hyundai Mobil Indonesia (HMI), menjelaskan bahwa pihaknya sudah menaikkan harga pada Februari kemarin. Adapun penyebabnya adalah biaya BBN terbaru.

Kenaikan harga terkecil adalah sekitar Rp 1 juta, sedangkan yang tertinggi bisa mencapai kisaran Rp 12 juta. Khusus di Tangerang dan Banten, harga lebih tinggi lagi sekitar Rp 2 juta sampai Rp 3 juta ketimbang di Jakarta.

“Ini justru agak berbeda nih kali ini. Seperti kita lihat, di Tangerang dan Banten kenaikan BBN biasanya cuma menjadi 10 - 10,5 persen dari harga. Sekarang menjadi 12,5 persen. Beberapa daerah saya dengar juga seperti itu. Jadi kalau bicara penyesuaian kira-kira Rp 1 juta sampai Rp 12 juta-an,” papar Hendrik ketika ditemui di kantornya pada Senin (2/4/2019) di Jakarta.

Hyundai H1 Tertinggi
Saat ini, Hyundai bermain di pasar otomotif Tanah Air dengan tujuh model kendaraan penumpang maupun kendaraan niaga ringan. Untuk kendaraan penumpang, pabrikan asal Korea Selatan ini punya i10, i20, Tucson, Santa Fe, H1.

Adapun mobil komersial yang dipasarkan mereka terdiri dari dua model yakni Starex serta H-100.

“Kenaikan tertinggi dialami H1,” tandas Hendrik.

Pada tahun ini, jumlah tersebut hampir pasti bertambah. Pasalnya, ada satu model baru yakni Hyundai Kona yang diketahui sudah didaftarkan di situs resmi pemerintah provinsi DKI Jakarta mengenai Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB).

Belum ada keterangan resmi dari Hyundai yang bisa dipublikasikan hingga detik ini.

Hyundai masih mengimpor utuh (Completely Built-Up/CBU) hampir seluruh modelnya dari luar negeri. Hanya multi purpose vehicle (MPV) H1 yang sudah dirakit lokal di pabrik Pondok Ungu, Bekasi.

Hyundai Motor Company berencana membangun pabrik di Indonesia yang akan menjadi basis produksi di Asia Tenggara khususnya bagi model-model di kelas menengah. Pembangunan diekspektasikan dimulai pada tahun ini. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar