Hyundai Diperkirakan Mulai Bangun Pabrik di Indonesia Tahun Ini

Berita Otomotif

Hyundai Diperkirakan Mulai Bangun Pabrik di Indonesia Tahun Ini

JAKARTA - pembangunan pabrik Hyundai di Indonesia hampir pasti dilakukan mulai 2019, menurut salah satu eksekutif agen tunggal pemegang merek tersebut.

Hendrik Wiradjaja, Deputy Marketing Director PT. Hyundai Mobil Indonesia (HMI), mengatakan bahwa rencana prinsipal mereka mendirikan pabrik di negeri ini makin menunjukkan perkembangan. Sayang, ia tidak menjabarkan detail kemajuannya.

“Satu yang pasti, progresnya terus jalan. Hyundai Motor Company (HMC) juga sudah berkantor di Indonesia. Tim mereka sudah ada. Bahkan, mereka kemarin mendatangi Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 Surabaya... HMC sudah berkantor di sini sejak Januari,” ucap dia merespons pertanyaan Mobil123.com pada Senin (1/4/2019) di Jakarta.

Sekadar mengingatkan, rencana korporasi otomotif asal Korea Selatan ini membuat pabrik di Tanah Air pertama kali bocor pada akhir 2017. Sebelum memutuskan membuat pabrik di sini, Hyundai juga mempertimbangkan Vietnam sebagai salah satu opsi.

Langkah ini tak lepas dari keinginan mereka untuk mengalihkan fokus pasar dari China ke Asia Tenggara. Pabrik Hyundai di Indonesia nantinya akan dijadikan basis produksi untuk model-model kendaraan di segmen medium (menengah).

Hendrik mengatakan bahwa lokasi pabrik sudah ditentukan dan ia sudah mengetahuinya. Akan tetapi, dirinya belum diperbolehkan untuk mengungkapkannya ke publik.

“Nanti juga di IIMS (Indonesia International Motor Show) 2019 perwakilan HMC akan hadir,” tandasnya.

Dimulai 2019
Hendrik mengakui, pabrik itu ditargetkan selesai dibangun dan beroperasi pada 2020. Dengan waktu sesingkat itu, pembangunannya diekspektasikan dimulai sebentar lagi.

“Mudah-mudahan tahun ini sudah bisa jalan,” ujarnya.

Ia kemudian menjelaskan bahwa salah satu dari banyak hal yang dibicarakan sekarang adalah struktur organisasi antara HMC dengan HMI. Hal ini masih dalam diskusi.

Ia juga menerangkan pabrik kecil Hyundai yang ada di Pondok Ungu, Bekasi saat ini akan tetap beroperasi. Perakitan multi purpose vehicle (MPV) Hyundai H1 masih dilakukan di sana.

“Tidak akan dipindah ke sana (pabrik baru),” tukasnya.

Adapun model-model kendaraan yang kelak diproduksi di pabrik baru masih ditutup rapat-rapat. Hendrik hanya mengatakan bahwa HMC pastinya bakal melihat pasar Indonesia dan produk yang sesuai dengan itu.

“Kami punya city car dan kami juga punya banyak SUV,” pungkasnya. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar