Hyundai Kona Siap Tantang Rush dan HR-V Jelang IIMS 2019

Mobil Baru

Hyundai Kona Siap Tantang Rush dan HR-V Jelang IIMS 2019

JAKARTA - Hyundai Kona perlahan tapi pasti siap masuk pasar Indonesia dan memperkuat jajaran SUV Hyundai di Indonesia. Kabarnya SUV Kompak ini mulai diperkenalkan berdekatan dengan Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019 bulan depan.

Kabar rencana masuknya kona terendus dari laman Samsat Polri yang menunjukkan bahwa produsen mobil asal Korea Selatan tersebut akan masuk Indonesia. Ini tentunya akan membawa warna baru jajaran SUV yang dijual di Indonesia.

Dari laman Samsat Polri tertera juga nilai jualnya sebesar Rp 218 juta dalam kondisi polos. Artinya angka ini belum termasuk pajak dan biaya lainnya. Mobil123.com memperkirakan harga jualnya nanti akan berkisar di angka Rp 300 juta plus-plus.

Hadirnya Hyundai Kona tentu melengkapi line-up SUV Hyundai yang sebelumnya telah dihuni oleh Tucson, Santa Fe dan Santa Fe Sport. Konsumen Indonesia akan punya pilihan baru sebuah SUV kompak yang modern tipikal jip-jip perkotaan.

Kona hadir dengan bentuk body sangat agressif, proporsional dan memiliki siluet yang dinamis. Crossover Hyundai ini telah menyematkan lampu depan canggih, DRL ramping, cascading grille dengan sporty mesh pattern, fender wing-type, lampu belakang LED dan aksen berwarna hitam pada bagian bawah body.

Masuk ke kabin, terdapat layar infotainment 8” AVN (Audio, Visual, Navigation) pada dashboard, Head-Up Display (HUD) dan sistem HVAC (Heating, Ventilation and Air Conditioning) khas Hyundai. Hyundai Kona merupakan compact platform SUV yang menawarkan pengalaman mengemudi nan berbeda dari kompetitornya.

Lebih lanjut desainer Hyundai melakukan pemaksimalan ruang kabin, menawarkan split-folding rear seats fold flat dengan two-level loading floor. Konfigurasi ini memungkinkan untuk membawa sepeda atau peralatan golf ke dalam bagasinya.

Sampai berita diturunkan, pihak Hyundai Mobil Indonesia (HMI) belum memberikan keterangan resmi seputar Hyundai Kona. Termasuk kapasitas mesin yang bakal digunakan di Indonesia.

Setidaknya, di Korea Selatan, mobil ini memiliki 4 pilihan mesin yaitu mesin 2.0-liter MPI Akitson (146 hp), Gamma 1.6T-GDI (174 hp), 1.0T-GDI turbocharged (118 hp) dan mesin diesel 1.6-liter. Untuk mesin MPI Akitson dan 1.0T-GDI turbocharged akan dipadukan dengan transmisi matic 6-speed, sedangkan mesin Gamma akan menggunakan transmisi matic 7-speed dual-clutch (7DCT).

Dari keempat pilihan mesin di atas, yang paling fisibel untuk digunakan adalah sumber tenaga berkapasitas 2.0-liter. Kona dipastikan akan berkompetisi di rentang kelas yang cukup lebar mulai dari Toyota Rush dan Daihatsu Terios, Honda HR-V hingga Wuling Almaz serta DFSK Glory 580.

Lebih lanjut, simak terus berita-berita seputar kemunculan Kona di Indonesia hanya di Mobil123.com. [Ari]



Krisna Arie

Krisna Arie

Senang semua benda bermesin dan beroda sejak duduk di bangku sekolah dan memulai bekerja di media dengan segmen otomotif sejak tahun 2002. Pria sederhana ini selalu percaya pekerjaan akan lebih sempurna jika didasari dengan passion.


Berita Utama


Komentar