Pesan Mitsubishi Xpander Sekarang Tidak Terdampak Kenaikan Harga

Berita Otomotif

Pesan Mitsubishi Xpander Sekarang Tidak Terdampak Kenaikan Harga

SERANG – Harga baru Mitsubishi Xpander tak akan dikenakan pada konsumen yang sudah inden sebelum kenaikan harga dilakukan pada Agustus mendatang.

Seperti diberitakan sebelumnya, banderol Xpander dipastikan bertambah mahal Rp 2 juta per 1 Agustus akibat pelemahan kurs rupiah terhadap dollar Amerika Serikat. Selain Xpander, sport utility vehicle (SUV) Pajero Sport juga naik harga Rp 5 mulai bulan itu.

Mitsubishi menggaransi konsumen yang memesan sebelum Agustus tak bakal terkena dampak kenaikan harga, meskipun mereka belum mendapatkan unitnya ketika harga telah naik. Kepastian ini diperlukan karena inden panjang Xpander masih terjadi sampai detik ini.

“Khusus Xpander kami hitung berdasarkan tanggal Surat Pemesanan Kendaraan (SPK). Kami mengerti konsumen-konsumen sebelumnya saja banyak yang belum terpenuhi,” papar Imam Choeru Cahya, Head Sales and Marketing Group PT. Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), pada awal pekan ini di Serang, Banten.

Xpander menjalani debut global di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017, Agustus tahun itu. Ternyata, permintaan dari pasar jauh melebihi perkiraan 5.000 unit per bulan, sehingga pabrik Mitsubishi di Cikarang, Bekasi yang baru beroperasi empat bulan sebelum Xpander meluncur kesulitan memenuhinya. Inden pun bisa menjadi sangat lama, sampai 5 – 6 bulan.

Imam mengklaim pemesan Xpander periode Agustus – Desember 2017 sudah seluruhnya mendapatkan unit. Kini, pabrikan berlogo tiga berlian itu berjuang memenuhi permintaan para konsumen yang mengajukan SPK sejak permulaan 2018.

Xpander saat ini diproduksi 10 ribu unit per bulan dan 25 persen di antaranya untuk pasar ekspor. Adapun kapasitas produksi yang disiapkan bagi produk ini di pabrik Cikarang adalah 80 ribu unit per tahun (60 ribu bagi pasar domestik serta 20 ribu bagi ekspor).

Sekarang, Xpander dipasarkan di Indonesia dalam enam varian berbanderol Rp 197,1 – 253,4 juta on-the-road Jakarta. Mitsubishi bersiap meluncurkan varian baru Xpander pada Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018, Agustus mendatang. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di sebuah harian umum nasional dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support