Harga Mitsubishi Xpander dan Pajero Sport Naik per 1 Agustus 2018

Berita Otomotif

Harga Mitsubishi Xpander dan Pajero Sport Naik per 1 Agustus 2018

SERANG – Harga Mitsubishi Xpander akan naik Rp 2 juta per 1 Agustus 2018 karena anjloknya nilai tukar rupiah terhadap dollar Amerika Serikat hampir sepanjang tahun ini. Selain itu, harga Mitsubishi Pajero Sport juga bakal mengalami penyesuaian.

Sebagai informasi, sejak awal tahun kurs rupiah terhadap dollar AS semakin melemah dan belum menunjukkan perbaikan hingga saat ini. Nilai tukar yang pada akhir 2017 masih di kisaran Rp 13.500 per dollar AS,  berdasarkan kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR), sudah menjadi Rp 14.391 per dollar AS per 17 Juli.

Irwan Kuncoro, Director Sales and Marketing Division PT. Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) mengatakan situasi yang harus diantisipasi oleh industri otomotif saat ini adalah pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dollar AS, selain juga kenaikan suku bunga acuan Bank Indonesia (BI rate) menjadi 5,25 persen. Dengan depresiasi rupiah yang cukup tajam, Mitsubishi pun harus melakukan penyesuaian harga.

 Kenaikan harga, kalau kurs semakin tak membaik, tak bisa dihindari,” kata dia dalam konferensi pers peresmian dealer kendaraan penumpang dan niaga ringan ke-118, Selasa (17/7/2018) di Serang, Banten.

Mitsubishi saat ini baru memutuskan untuk menaikkan harga dua model yaitu Xpander serta Pajero Sport. Keduanya sendiri sudah dirakit secara lokal di pabrik Cikarang, Bekasi tapi masih mengimpor bahan baku komponen dari luar negeri sehingga kurs rupiah terhadap dollar AS diakui amat berpengaruh.

“Kami memang sudah mengumumkan pada 1 Agustus ada kenaikan harga. Pajero Rp 5 juta dan Xpander Rp 2 juta,” kata Imam Choeru Cahya, Head of Sales and Marketing Group MMKSI.

Kenaikan Harga Keempat untuk Xpander
Kenaikan harga per 1 Agustus mendatang bakal menjadi yang keempat kalinya bagi Xpander pada tahun ini. Terakhir kali Mitsubishi melakukannya adalah pada Mei kemarin sebesar Rp 3 juta karena pencabutan subsidi Bea Balik Nama.

Dua kenaikan harga sebelumnya terjadi pada kuartal satu dengan total penambahan banderol Rp 5 juta. Xpander sampai detik ini masih dijual mulai Rp 197,1 – 253,4 juta on-the-road Jakarta untuk keenam variannya.

Sementara itu, Pajero Sport dijual Rp 474 – 667 juta on-the-road Jakarta yang juga terdiri dari enam varian. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di sebuah harian umum nasional dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support