Go-Jek Beli Saham Blue Bird Seharga Lebih dari Rp 400 Miliar

Berita Otomotif

Go-Jek Beli Saham Blue Bird Seharga Lebih dari Rp 400 Miliar

JAKARTA – Go-Jek dilaporkan membeli saham perusahaan taksi konvensional Blue Bird.

Go-Jek sudah memiliki layanan taksi online bernama Go-Car. Akan tetapi, mereka masih juga merasa perlu membeli saham korporasi taksi konvensional.

Salah satu start-up atau perusahaan rintisan di bidang teknologi tersebut, menurut laporan Bloomberg pada awal pekan ini, telah membeli saham Blue Bird sebagai korporasi taksi konvensional paling populer di Indonesia. Go-Jek kabarnya membeli saham minoritas seharga 30 juta dollar Amerika Serikat (AS) atau setara Rp 413,43 miliar per Kamis (20/2/2020).

Informasi didapat dari sumber anonim yang mengetahui permasalahan. Hingga saat ini, baik Go-Jek maupun Blue Bird masih menolak memberikan tanggapan mengenainya.

Sumber yang menolak diungkap namanya ini menjelaskan Go-Jek mengakuisisi 4,3 persen saham Blue Bird dari perusahaan induk sang operator taksi yang bernama PT. Pusaka Citra Djokosoetono. Pusaka Citra menjual 108 juta lembar saham dengan nilai per lembarnya Rp 3.800.

Sebelumnya, Bloomberg sempat memberitakan bahwa Go-Jek memang berniat membeli saham Blue Bird. Namun, dalam laporan itu lagi-lagi kedua pihak menolak mengonfirmasi.

Go-Jek dan Blue Bird sudah menjalin kerja sama sejak 1 Februari 2017. Dengan kolaborasi ini, aplikasi Go-Jek juga menawarkan reservasi taksi Blue Bird, selain juga pemesanan Go-Car.

Awal tahun ini, tepatnya pada 4 Februari 2020, Blue Bird dan Go-Jek memperpanjang perjanjian kerja sama.

Persaingan layanan taksi di Indonesia memang makin ketat, baik antara taksi konvensional dengan taksi online maupun antara taksi online. Di samping ‘aliansi’ antara Go-Jek serta Blue Bird, perusahaan taksi online asal Singapura yaitu Grab juga bekerja sama dengan operator taksi konvensional pesaing Blue Bird, Grab.

Blue Bird pun kini sudah membuat aplikasi smartphone mereka sendiri. Dengan begitu, jalur reservasi secara online untuk taksi berwarna biru ini semakin beragam. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar