Bayar Taksi Blue Bird Nantinya Bisa Pakai GoPay

Berita Otomotif

Bayar Taksi Blue Bird Nantinya Bisa Pakai GoPay

JAKARTA – Blue Bird akhirnya mengonfirmasi bahwa Go-Jek telah membeli saham mereka. Akuisisi saham ini membuat kolaborasi keduanya menguat dan saat ini dompet digital milik Go-Jek yakni GoPay sedang dipersiapkan untuk menjadi salah satu opsi pembayaran di taksi Blue Bird.

Go-Jek, sekitar pertengahan Februari 2020, diberitakan membeli 4,3 persen saham Blue Bird dengan nilai per lembar saham Rp 3.800. Nilai akuisisi mencapai 30 juta dollar Amerika Serikat atau lebih dari Rp miliar.

Kedua pihak awalnya tidak bersedia memberikan keterangan mengenai informasi ini. Akan tetapi, salah satu dari mereka akhirnya buka suara.

Blue Bird, melalui keterangan resmi pada Jumat (21/2/2020) malam, mengumumkan bahwa PT. Aplikasi Karya Anak Bangsa atau yang kita kenal sebagai Go-Jek telah membeli saham mereka secara resmi pada 13 Februari 2020. Harga penjualan per lembar saham adalah Rp 3.800.

Tidak disebutkan, berapa persen saham yang telah diambil alih oleh Go-Jek. Blue Bird hanya menyebut bahwa Go-Jek menjadi salah satu pemegang saham minoritas.

Pemegang saham pengendali masihlah PT. Pusaka Citra Djokosoetono. Kepemilikan saham mereka mencapai 31,51 persen.

“Bergabungnya PT Aplikasi Karya Anak Bangsa sebagai salah satu pemegang saham menunjukkan bahwa PT Blue Bird Tbk sebagai penyedia transportasi merupakan partner yang strategis bagi PT Aplikasi Karya Anak Bangsa. Kami juga yakin langkah ini akan semakin memperkuat kolaborasi antara kedua belah perusahaan, sekaligus mendukung usaha perusahaan untuk secara konsisten meningkatkan layanan Bluebird terhadap konsumen.” ujar Noni Purnomo, Direktur Utama, PT Blue Bird.

Pakai GoPay di Blue Bird
Go-Jek dan Blue Bird sebenarnya sudah ‘mesra’ sejak 2017. Sejak tahun itu hingga kini, aplikasi Go-Jek memiliki fitur pemesanan taksi Blue Bird, selain fitur pemesanan taksi online mereka sendiri yaitu Go-Car.

Pembelian saham Blue Bird oleh Go-Jek membuat hubungan keduanya makin erat. Blue Bird mengumumkan bahwa GoPay, dompet digital milik Go-Jek, akan mengimplementasikan kode QRIS sebagai salah satu metode pembayaran di taksi Bluebird. Kehadiran GoPay juga akan terintegrasi ke dalam aplikasi MyBluebird.

Tidak disebutkan kapan GoPay resmi tersedia sebagai salah satu pilihan pembayaran taksi Blue Bird. Saat ini, Blue Bird sudah memberikan beberapa opsi pembayaran digital menggunakan Dana atau LinkAja.

“Gojek merupakan salah satu layanan platform terbesar untuk konsumen di Asia Tenggara dan hal tersebut tidak dapat dicapai tanpa partner kuat yang memungkinkan kami untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Peningkatan kerjasama dengan Bluebird merupakan bukti nyata untuk hal ini dan memungkinkan kami untuk meningkatkan dua layanan utama kami di Indonesia, yaitu pembayaran dan transportasi,” pungkas Andre Soelistyo selaku Co-CEO Go-Jek. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar