Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Esemka Kalah Cepat, Malaysia Tunjuk DreamEDGE untuk Garap Mobnas Baru

Berita Otomotif

Esemka Kalah Cepat, Malaysia Tunjuk DreamEDGE untuk Garap Mobnas Baru

CYBERJAYA – Pemerintah Malaysia resmi mengumumkan bahwa DreamEDGE Sdn Bhd dipilih sebagai perusahaan yang akan bertanggung jawab untuk merealisasi mobil nasional terbaru.

Tentunya ini menarik karena Malaysia terbilang cepat dalam menentukan arah kebijakan industri otomotifnya ketimbang Indonesia. Terlebih, Esemka yang selama ini digadang akan menjadi mobil nasional justru semakin hilang kabarnya.

Darell Leiking, Menteri Perdagangan Internasional dan Industri mengatakan bahwa mobil nasional baru ini merupakan adalah C-segment sedan. Ia juga menyatakan bahwa Daihatsu Motor Company akan menyediakan sejumlah teknologi mesin dan platform kendaraan untuk mendukung program ini.

Dengan hadirnya Daihatsu maka pengembangan kendaraan diharapkan dapat berlangsung singkat. Dari pengumumannya hari ini, maka mock-up dari kendaraan diharapkan bisa ditampilkan pada akhir Agustus. Pertengahan September akan dilakukan perekrutan pegawai untuk proyek ini.

“Prototype dari mobil nasional ini akan ditampilkan pada Maret 2020 kemudian model baru akan diluncurkan satu tahun kemudian. Program ini akan menciptakan kesempatan baru bagi para vendor dan tenaga kerja untuk menjadi bagian,” ungkapnya.

Ia pun menambahkan bahwa proyek ini akan didanai sendiri oleh DreamEdge dan tidak akan melibatkan pemerintah sama sekali. DreamEdge hanya dibantu sebatas insentif pajak dan keringanan sejenis lainnya.

“Pemerintah akan memberikan insentif pajak untuk proyek mobil nasional baru dan untuk para partisipan di dalam proyek juga bisa mendapatkannya,” ungkapnya.

DreamEdge adalah perusahaan yang berbasis di Cyberjaya dan memiliki usaha diberbagai bidang. Mulai dari from CAD/CAE modeling hingga desain produk. Mereka juga telah pernah terlibat dalam beberapa proyek untuk pengembangan kendaraan baru. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Senior Reporter

Pria sederhana ini tinggal Bekasi sebagai warga taat pajak. Meski selalu menghadapi panas matahari atau hujan deras hingga kemacetan luar biasa setiap harinya demi pekerjaan, namun Ia tetap menjalaninya dengan penuh rasa syukur.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang