Indonesia Jauh Tertinggal dari Malaysia Soal Rasio Kendaraan dan Jumlah Penduduk

Berita Otomotif

Indonesia Jauh Tertinggal dari Malaysia Soal Rasio Kendaraan dan Jumlah Penduduk

SURABAYA – Meski transportasi Indonesia terkesan padat, Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menilai jumlah kendaraan di Indonesia masih terbilang sedikit.

Gaikindo melihat bahwa rasio kepemilikan mobil dengan jumlah penduduk di Indonesia masih terlalu timpang. Bahkan bila dibandingkan dengan beberapa negara di Asia Tenggara seperti Thailand dan Malaysia, Indonesia masih cukup tertinggal cukup jauh.

“Kalau kita bicara mengenai kepadatan kendaraan, Indonesia itu masih sangat jauh. Di Indonesia per 1000 orang itu baru ada 87 mobil. Sementara Thailandper 1000 orang sudah 240 mobil, Malaysia per 1000 orang ada 400 mobil, Australia sudah 800 mobil per 1000 orang dan USA mendekati 1 mobil per 1 orang. Jadi kalau bicara per 1000 orang, Indonesia masih sangat rendah,” ungkap Yohannes Nangoi, Ketua Umum Gaikindo.

Kepadatan lalu lintas yang kerap terjadi khususnya di kota-kota besar seperti Jakarta dan Surabaya dinilai karena terbatasnya infrastruktur. Pertumbuhan jumlah kendaraan di Indonesia tidak diimbangi dengan pembangunan infrastruktur yang jelas.

“Kenapa sampai transportasi khususnya di Jakarta semrawut? Karena infrastrukturnya yang masih kurang. Contoh sederhananya adalah ketika ingin menghubungi seseorang melalui sambungan telepon di kondisi darurat seperti kerusuhan, semua line telepon akan sibuk. Itu bukan salah produsen handphone, tapi provider yang tidak mampu menampung sekian banyak panggilan,” tuturnya.

Kehadiran MRT di Jakarta pun dinilai bukan sebagai ancaman bagi industri otomotif, melainkan sebagai peluang baru. Hal ini karena mobil bisa dimaksimalkan fungsinya dan menempuh jarak lebih jauh.

“Kami tidak takut dengan MRT, kami justru senang dengan adanya MRT. Ini karena mobil bisa lebih maksimal digunakan fungsinya. Nanti bisa seperti Jepang, dimana mobil sebagian tidak digunakan namun saat dibutuhkan keluar kota maka mobilnya langsung digunakan,” pungkasnya. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar