Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Gaikindo: Gunakan BBM Berkualitas Sesuai Anjuran Produsen

Berita Otomotif

Gaikindo: Gunakan BBM Berkualitas Sesuai Anjuran Produsen

JAKARTA – Penggunaan BBM (bahan bakar minyak) untuk mobil harus sesuai rekomendasi produsen. Hal itu ditekankan oleh Yohannes Nangoi, Chairman Gaikindo (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia).

Menurutnya jika para pemilik mobil tidak mematuhi anjuran penggunaan BBM bagi kendaraan lalu terjadi kerusakan karena BBM tak sesuai anjuran, maka garansi tidak berlaku lagi.

“Setahu kami aturannya memang seharusnya demikian. Kalau ada kerusakan yang disebabkan penggunaan bahan bakar tidak sesuai standar, maka di luar garansi,” kata Yohannes, seperti dikutip dari website resmi Gaikindo.

Mobil-mobil berbahan bakar bensin produksi terbaru sudah sepatutnya meminum bahan bakar berkualitas dengan Research Octane Number (RON) 92 ke atas.

Yohanes menambahkan, desain mesin dibuat dengan selalu mengacu pada peraturan pemerintah yaitu terkait standar emisi. Contohnya, tiap mobil berbahan bensin harus sesuai dengan standar emisi Euro 4 yang berlaku mulai Oktober 2018. Artinya, semua mobil yang diproduksi pabrik ataupun distributor mobil anggota GAIKINDO sudah disesuaikan dengan aturan tersebut.

“Sehingga apabila diisi dengan BBM sesuai standar Euro 4, maka emisi yang dibuang pun akan sesuai standar Euro 4,” katanya.

Dampak dari penggunaan BBM berkualitas dengan RON 92 ke atas adalah mesin mobil menjadi lebih tahan lama, akselerasi lebih sigap, lebih bertenaga dan tentu saja lebih ramah lingkungan. [Idr]



Indra Prabowo

Indra Prabowo

Managing Editor

Berkarir sebagai seorang wartawan sejak 2002. Pada 2003, penulis menjadi jurnalis di bidang otomotif. Awal karirnya sendiri adalah seorang wiraniaga pada salah satu dealer brand mobil ternama di Indonesia.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang