Gaikindo: Tanpa Insentif, Industri Otomotif Tidak Berkembang

Berita Otomotif

Gaikindo: Tanpa Insentif, Industri Otomotif Tidak Berkembang

JAKARTA – Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) berpendapat bahwa tanpa insentif, industri otomotif tidak akan berkembang.

 

“Industri otomotif bila tidak diberi insentif tidak akan berkembang. Contohnya sedan. Sedan itu bedanya karena dia punya bagasi. Kalau ada ‘buntutnya’, pajaknya langsung 30%. Nah ini yang akibatnya jadi mahal, kalau mahal orang-orang Indonesia gak akan mau beli. Maunya beli mobil kecil,” ungkap Yohannes Nangoi, Ketua Umum Gaikindo.

Artikel bersambung dibawah

Menurutnya, ini menjadi kerugian karena di pasar dunia, sedan merupakan model kendaraan paling laris di dunia.

“Tapi karena pasar di Indonesia pasarnya adalah mobil kecil, maka prinsipal tidak akan mau memproduksi sedan di Indonesia. Itu sebabnya kami beri masukan pada Pemerintah, untuk apa ada peraturan 30% kalau ternyata produksinya bukan di Indonesia? Kalau pajaknya 10%,harga sedan akan lebih kompetitif, pasar sedan naik kemudian prinsipal akan lihat dan memproduksi mobil sedan di Indonesia. Kemudian, kita juga bisa ekspor keluar,” ungkapnya.

Selain pajak, insentif yang bisa diberikan adalah aturan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) pada kendaraan-kendaraan baru khususnya mobil berteknologi hybrid.

“Hybrid itu kendaraan mahal, kalau tidak ada insentif khusus, otomatis tidak akan ada orang yang berani beli mobil hybrid. Akibatnya, kita akan tetap menggunakan mobil dengan mesin konvensional saja. Padahal kendaraan hybrid itu bagus untuk lingkungan,” ungkapnya. [Adi/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual