Franco Morbidelli Gunakan Motor Lama Gara-gara Corona

Berita Otomotif

Franco Morbidelli Gunakan Motor Lama Gara-gara Corona

SEPANG – Franco Morbidelli tetap menggunakan motor spek lawas pada MotoGP 2021, walaupun telah memenangkan balapan lebih banyak pada musim lalu.

Pembalap asal Italia tersebut tampil mengesankan pada musim lalu. Ia memenangkan setidaknya tiga balapan dan total meraih lima podium pada MotoGP 2020. Catatan positif milik Franky sapaan akrabnya, lebih baik dari tiga pembalap Yamaha lainnya seperti Valentino Rossi, Maverick Vinales dan Fabio Quartararo. Lebih jauh, eks murid sekolah balap VR46 Academy ini finish di posisi kedua di akhir musim.

“Kami tidak menyangka dia akan finish kedua di klasemen akhir kejuaraan dunia MotoGP. Namun dia berhasil melakukannya dan kami berharap bisa mengulanginya lagi pada musim depan dan bahkan menjadi juara dunia 2021,” ucap Razlan Razali, CEO tim Petronas SRT Yamaha.

Franky menjalani MotoGP 2020 sebagai satu-satunya pembalap Yamaha yang tidak menggunakan mesin versi pabrikan. Meskipun menggunakan mesin dengan spesifikasi di bawah tim pabrikan, namun prestasi Franky lebih mengilap dibandingkan tiga rekannya.
Franco Morbidelli Gunakan Motor Lama Gara-gara Korona
Meskipun tampil dengan catatan lebih baik, namun Yamaha tetap tidak memberikan lampu hijau untuknya menggunakan mesin pabrikan. Dengan berbagai alasan, Franky akan tetap menggunakan mesin lama dengan beberapa sentuhan minimal (sesuai regulasi).

“Ketika dia memenangkan balapan pertamanya, dia datang dan berkata ‘apakah saya bisa mendapatkan mesin pabrikan untuk tahun depan?’. Lalu saya menghadap ke Yamaha, tapi tentunya kemungkinan itu hilang karena berbagai hal seperti budget, spare parts dan banyak hal lainnya,” jelas Razlan.

Namun ketika kemenangan selanjutnya datang, Franky sudah tidak berminat untuk mendapatkan mesin versi pabrikan. Menurutnya spesifikasi mesin yang digunakan saat ini sudah lebih baik dan mampu berbicara lebih banyak daripada pembalap Yamaha lainnya.

“Pada pertemuan berikutnya dengan Yamaha, kami kembali mencoba untuk mendapatkan mesin baru untuk Franky, namun karena krisis Corona niatan tersebut tetap tidak bisa terwujud,” tuturnya kemudian seperti dikutip Speedweek.com. [Dew/Ari]



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar