Joan Mir Bungkus Juara Dunia MotoGP 2020

Berita Otomotif

Joan Mir Bungkus Juara Dunia MotoGP 2020

VALENCIA – Joan Mir mengunci gelar juara dunia MotoGP 2020, sementara Franco Morbidelli berhasil memenangkan balapan di sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Spanyol.

Morbidelli berhasil menahan gempuran Jack Miller di lap-lap terakhir dan menyelamatkan muka Yamaha. Pol Espargaro kembali naik podium setelah mengalahkan Takaaki Nakagami yang terjatuh di depannya. Meskipun finish ketujuh, Mir tetap membungkus gelar juara dunia MotoGP 2020 dengan hanya 1 kemenangan sepanjang musim.

Jalannya lomba

Memulai balapan dari posisi terdepan, posisi Morbidelli sempat tergusur oleh Miller jelang tikungan pertama. Morbidelli sendiri tidak butuh waktu lama untuk mengambil alih kembali tempat terdepan dari Miller. Keduanya dibuntuti Nakagami dan Johann Zarco yang berburu kemenangan pertamanya musim ini.

Sementara terdapat beberapa insiden seperti Zarco yang menyudahi balapan lebih dini saat hendak mengambil alih posisi Nakagami. Fabio Quartararo yang terlambat melakukan pengereman sehingga posisinya melorot ke urutan paling belakang.

Mir sendiri melakukan start luar biasa dengan melahap tujuh pembalap di depannya. Pembalap Suzuki Ecstar tersebut tetap tenang menjalani lomba seperti biasanya. Pengguna nomor 36 ini terlihat terus menjalani balapan untuk mengamankan poin.

Mir sendiri bisa mengunci gelar juara dunia berkat bantuan pembalap lain yang terjatuh. Setelah Zarco, Pembalap lain yang memberinya jalan untuk menambah pundi-pundi poin adalah Nakagami. Sementara Alex Rins sebagai pesaing terdekatnya, tidak mampu berbuat banyak untuk memperkecil ketertinggalan poin.
Morbidelli menang lagi

Sementara Morbidelli bersinar dengan memimpin jalannya lomba, tiga pembalap Yamaha lain kembali mengalami masalah serius pada motornya. Quartararo yang digadang-gadang menjadi pesaing serius Mir, terjatuh dan gagal mengubur mimpinya menjadi juara musim ini.

Valentino Rossi dan Maverick Vinales bertahan di urutan 10 dan 11 pada balapan kali ini. Keduanya tidak bisa mengembangkan kecepatan motornya pada balapan kali ini. Hasil ini menujukkan bahwa Yamaha membutuhkan rombakan besar-besaran jika ingin mendapati hasil lebih baik musim depan.

Morbidelli menyelamatkan muka Yamaha dengan melintasi garis finish di tempat pertama. Ini merupakan kemenangan ketiga dari Morbidelli di musim 2020. Lalu posisi kedua disusul Miller yang melakukan pertempuran hebat di dua lap terakhir dengan Morbidelli. Posisi ketiga diamankan oleh Espargaro yang musim depan bergabung dengan Repsol Honda.

Mir sendiri menjadi juara dunia MotoGP 2020 bersama Suzuki Ecstar. Mir mengunci gelar meskipun masih ada satu balapan tersisa di Portimao, Portugal. Suzuki menyudahi puasa gelar juara dunia setelah 20 tahun lamanya. [Dew/Ari]

Berikut hasil MotoGP Valencia 2020

  1. Franco Morbidelli Petronas Yamaha
  2. Jack Miller Pramac Ducati
  3. Pol Espargaro KTM Factory
  4. Alex Rins Suzuki Ecstar
  5. Brad Binder KTM Factory
  6. Miguel Oliveira Red Bull KTM
  7. Joan Mir Suzuki Ecstar
  8. Andrea Dovizioso Ducati Corse
  9. Aleix Espargaro Aprilia Gresini
  10. Maverick Vinales Monster Yamaha
  11. Francesco Bagnaia Pramac Ducati
  12. Valentino Rossi Mosnter Yamaha
  13. Cal Crutchlow LCR Honda
  14. Stefan Bradl Repsol Honda
  15. Danilo Petrucci Ducati Corse
  16. Alex Marquez Repsol Honda
  17. Tito Rabat Avintia Ducati
  18. Lorenzo Savadori Aprilia Ducati


Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar