Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Formula E Jakarta Selesai, Jokowi Harap di Sirkuit Ancol Banyak Balapan

Berita Otomotif

Formula E Jakarta Selesai, Jokowi Harap di Sirkuit Ancol Banyak Balapan

JAKARTA - Presiden Joko Widodo berharap Sirkuit Ancol tetap aktif menggelar banyak balapan setelah Formula E 2022 Jakarta.

Ajang yang disebut juga sebagai Jakarta E-Prix 2022 tersebut telah berlangsung dengan lancar pada Sabtu (4/6/2022) kemarin di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC), Ancol. Jokowi, sapaan Joko Widodo, turut hadir untuk menyaksikan langsung.

Datang pula antara lain Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR RI) Puan Maharani, Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR RI) Bambang Soesatyo, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, serta Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Jokowi pun menyerahkan trofi kepada pebalap Jaguar Racing Mitch Evans sebagai juara Formula E Jakarta untuk yang pertama kalinya.

Dalam konferensi pers seusai Formula E Jakarta, Jokowi tak lupa berpesan agar Sirkuit Ancol tidak vakum setelah menjadi tuan rumah Formula E. Lebih banyak acara atau balapan yang berlangsung di sana bakal lebih baik.

“Kalau sebuah sirkuit semakin banyak eventnya akan semakin produktif dan baik. Kalau bisa, setiap minggu ada terus. Setiap tahun 10, 15 kali akan lebih baik,” pungkasnya.

Jokowi sendiri bersyukur balapan dapat berjalan dengan baik. Formula E sendiri, menurut dia, adalah event masa depan.

“Kita tahu nanti akan ada pergeseran dari mobil yang sekarang ke mobil listrik sehingga ini menjadi sebuah tontonan yang ke depannya akan semakin digemari,” nilai dia.

Keberhasilan Jakarta menjadi salah satu tuan rumah Formula E ia yakin bagus untuk Indonesia. Pasalnya, pemerintah memang punya misi menjadi salah satu pemain penting di era kendaraan listrik.

“Ini juga bagus untuk negara kita karena ke depannya kita ingin membangun ekosistem baterai listrik. Mulai dari awalnya yaitu material mentah nikel, smelter, industri baterai lithium-ion, kemudian mobil listriknya,” papar dia.

“Saya kira teknologi yang dipertontonkan di Formula E ini akan mendukung ke arah sana. Semua akan menuju ke arah ramah lingkungan,” pungkas Jokowi lagi.

Formula E Jakarta awalnya ingin dilangsungkan pada 2020. Namun, pelaksanaanya molor dua tahun gara-gara pandemi Covid-19.

Jakarta bakal menjadi tuan rumah Formula selama tiga musim, mulai musim 2022 sampai 2024. Commitment fee sebesar Rp560 miliar sudah dibayarkan untuk memastikan hal tersebut. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang