Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Festival Kreatif Lokal 2020 Masuk Babak Final

Berita Otomotif

Festival Kreatif Lokal 2020 Masuk Babak Final

JAKARTA – Festival Kreatif Lokal (FKL) 2020 garapan Adira Finance telah memasuki babak final dengan total peserta tinggal 30 UKM terbaik.

Puluhan UKM (Usaha Kecil Mandiri) tersebut menjalani penjurian tahap akhir mulai 18 hingga 25 Oktober 2020. Kreatif Lokal Award 2020 merupakan bagian dari Festival Kreatif Lokal 2020 yang diselenggarakan oleh Adira Finance. Pesertanya sendiri berasal dari penjuru negeri mulai dari Aceh, Pulau Jawa, Sulawesi, hingga Nusa Tenggara Barat dan Papua.

Dikatakan bahwa seluruh peserta FKL 81 persen merupakan generasi muda yang produktif di rentang usia 21 – 35 tahun. Adapun mayoritas peserta adalah kaum hawa alias perempuan. Secara total, terdapat 1079 UKM yang telah mendaftar dan melalui serangkaian proses seleksi tahap awal.

Proses seleksinya sendiri mencakup seleksi berdasarkan keaslian usaha, tingkat keberlanjutan, dan proyeksi bisnis, serta wajib memenuhi syarat lebih dari satu tahun menjalankan usaha dan menjajakan produknya secara digital.

30 peserta yang masuk ke babak semi-final pada 14 Oktober 2020, kemudian mengerucut menjadi 18 finalis. Adapun 6 peserta diantaranya berasal dari kategori ekonomi kreatif. Mereka adalah Balabalabear, Ezmour, dan Semilir Ecoprint di kategori Fashion. Lalu, Baskoro Manjer Kawuryan, Congwayndut (Keroncong Wayang Gendut), dan Serumpun Lima Studio untuk kategori Pertunjukan. Di kategori Fotografi ada, Kotak Narsis, Mball Digital, dan Smagz Studio/ Fireworks Photography.

Selain itu, di kategori Kuliner yaitu Dapur Chantique, Dewi Home Crab, dan Wayo Strawberry. Untuk kategori Video ada Aceh Documentary, Kisahbersama Studio, dan Riplay Studio. Terakhir di kategori Kriya adalah Bangsawan Indonesia Tekstil, Dekardekorshop serta Tenuneboon.
Festival Lokal Adira

“Penjurian final akan menggunakan variabel penilaian seperti inovasi dan kreativitas usaha, portofolio usaha, presentasi, serta dampak positif usaha mereka terhadap lingkungan sekitar dan ekosistem ekonomi kreatif di Indonesia,” ucap Swandajani Gunadi, Direktur SDM dan Marketing Adira Finance.

Para pemenang Kreatif Lokal Award 2020, akan diumumkan pada 13 November 2020, bertepatan dengan malam perayaan HUT ke-30 Adira Finance. Mereka akan berhak mendapatkan modal usaha dengan nilai total hadiah ratusan juta rupiah, business coaching dan pendampingan usaha dari Kemenparekraf, serta eksposure di media massa. [Dew/Ari]



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Reporter

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang