DP Nol Persen Masih Belum Menarik bagi ACC

Berita Otomotif

DP Nol Persen Masih Belum Menarik bagi ACC

JAKARTA – Astra Credit Company (ACC) selaku lembaga pembiayaan di bawah naungan Astra mengatakan belum tertarik dengan program DP nol persen.

Seperti diketahui bahwa program DP nol persen untuk pembelian kendaraan bermotor sudah bergulir. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menetapkan aturan mengenai program tersebut hanya diperuntukkan bagi perusahaan pembiayaan yang memiliki rasio pembiayaan bermasalah di bawah 1 persen.

Namun hal tersebut nampaknya tidak membuat ACC tergiur untuk memanfaatkannya. Setidaknya keputusan ini diungkapkan oleh Hendry Christian Wong, Deputy Chief Executive Office ACC. Ia menjelaskan jika program DP nol persen memiliki tingkat risiko yang sangat besar.

“DP nol persen masih belum. Pakai logika saja orang mau beli barang tidak pakai DP konsekuensinya ke risiko sangat besar kalau kita tidak hati-hati. Kalau memang pembeli yang benar dan memang memiliki kebutuhan dan punya intensi ya tidak maslah,” ucap Hendry di sela-sela kegiatan CSR ACC di Bintaro.

Menurutnya program DP nol persen sangat rentan dimanfaatkan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Lebih lanjut Hendry menjelaskan bahwa dari segi industri otomotif sendiri tidak mendorong untuk diterapkannya program DP nol persen.

Situasi makro ekonomi yang hingga saat ini belum stabil dan jelang pemilihan umum Presiden, menambah besar risiko dari sebuah perusahaan pembiayaan seperti ACC sekalipun. Kredit macet dapat menimbulkan efek domino yang tidak baik bagi industri otomotif di Indonesia sendiri.

“Kalau manufaktur, dealer dan sebagainya tidak agresif kenapa kita harus agresif. Karena dampak dari kualitas kredit akan sangat besar juga buat industri,” jelasnya kemudian. [Dew/Ari]



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar