Eropa Ingin Kurangi Emisi Gas Buang Hingga 40 Persen pada 2030

Berita Otomotif

Eropa Ingin Kurangi Emisi Gas Buang Hingga 40 Persen pada 2030

BRUSSELS – Eropa mematok target baru pengurangan emisi gas buang kendaraan yang lebih ‘galak’ demi mengakselerasi transisi menuju teknologi-teknologi kendaraan ramah lingkungan.

Target tersebut, seperti dikutip dari Carscoops, disepakati lewat pemungutan suara para anggota Uni Eropa pada Rabu pekan lalu. Kebanyakan dari mereka menginginkan reduksi emisi gas buang kendaraan penumpang hingga 40 persen pada 2030, jika dibandingkan dengan produksi gas karbon dioksida kendaraan pada 2020.

Sebelum itu, targetnya adalah 30 persen pada 2030. Pabrikan-pabrikan otomotif, di sisi lain, mendesak target lebih sedikit yakni 20 persen.

Hanya sedikit negara Eropa yang kontra dengan target baru. Di antaranya adalah Jerman.

“Hanya Jerman, Hungaria, Rumania, dan Bulgaria yang menentang ambisi lebih tinggi. Kita tak boleh membiarkan Jerman menahan negara-negara Eropa lain sebagai tebusan dari strategi diesel mereka yang gagal. Negara-negara harus meratifikasi keputusan Uni Eropa pada Selasa (pekan ini),” tandas Julia Poliscanova dari European Federation for Transport and Environment.

Reduksi emisi gas buang 40 persen pada 2030 diperkirakan bisa berdampak pada penciptaan 69 ribu lapangan kerja baru. Pekerjaan-pekerjaan tersebut terkait dengan elektrifikasi kendaraan maupun sektor industri lain yang terkait dengan itu.

Lapangan kerja baru dipercaya lebih banyak dibandingkan yang diprediksi hilang akibat pergeseran dari mobil mesin pembakaran dalam (internal combustion engine) menuju mobil listrik yaitu 12 ribu.

Isu berkurangnya tenaga kerja dari sektor perakitan mobil, pembuatan komponen, maupun suku cadang inilah yang dikedepankan asosiasi pabrikan otomotif Eropa (ACEA). Menurut ACEA, pengetatan standar emisi gas buang bakal membuat para pabrikan mengimpor baterai dari pemasok-pemasok Asia atau pun Amerika sebanyak 50 persen dari produksi mobil listrik para pabrikan. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar