Denmark Dorong Negara-Negara Eropa Larang Mobil Bensin dan Diesel Mulai 2030

Berita Otomotif

Denmark Dorong Negara-Negara Eropa Larang Mobil Bensin dan Diesel Mulai 2030

BRUSSELS - Denmark mendorong Uni Eropa agar memperbolehkan negara-negara anggota yang ingin melarang penjualan mobil bensin dan diesel secara nasional pada 2030. Saat ini, hal tersebut masih dilarang oleh aturan.

Proposal tersebut, seperti diwartakan Reuters belum lama ini, telah disampaikan kepada Uni Eropa. Ada 10 negara yang telah menyatakan diri mendukung keinginan Denmark.

Pada Oktober 2018, Denmark sebenarnya telah mengumumkan pelarangan penjualan seluruh mobil dengan bahan bakar fosil pada 2030. Akan tetapi, hal tersebut dibatalkan karena bertentangan dengan regulasi Uni Eropa.

Uni Eropa sendiri sudah menargetkan pengurangan emisi gas karbon sebanyak 40 persen pada 2030. Kemudian, pada 2050, emisi ingin dihilangkan ke titik nihil demi menghentikan pemanasan global.

Organisasi yang menaungi seluruh negara di ‘Benua Biru’ itu ingin menjadikan Eropa sebagai kontinen pertama yang melakukannya pada 2050. Namun Denmark menyatakan bahwa untuk mencapai target, emisi pada sektor transportasi harus diturunkan secara cepat.

“Kita harus mengakui bahwa kita sedikit dikejar waktu,” kata Dan Jorgensen, Menteri Iklim dan Energi Denmark, usai pertemuan dengan menteri-menteri lingkungan Uni Eropa.

Proposal dari Denmark mencakup pembuatan aturan Uni Eropa yang memperbolehkan masing-masing negara anggota melarang transaksi jual-beli mobil berbahan bakar minyak secara nasional sejak tahun tersebut. Jorgensen berharap ini akan menaruh tekanan ke Uni Eropa.

“Rencana pertama adalah untuk menjadikannya dilarang di banyak negara Eropa,” tegas Jorgensen.

Tidak semua setuju. Negara-negara seperti Lithuania, Latvia, Slovenia, Bulgaria menilai banyak yang harus dilakukan sebelum menuju ke sana.

Keinginan Denmark dianggap terlalu cepat. Mereka khawatir akan adanya ‘kebocoran karbon’, yaitu penjualan mobil-mobil bekas bermesin bensin dan diesel dari negara-negara Eropa Barat ke Eropa Timur.

Lebih lanjut, Jorgensen mengatakan Uni Eropa amat perlu mengomunikasi arah kebijakan jangka panjang kepada para pabrikan otomotif. Denmark, lanjut dia, juga akan membentuk aliansi dengan 10 negara untuk mendukung strategi pelarangan mobil bermesin bensin serta diesel untuk memberikan tekanan pada organisasi tersebut. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support