Erdogan Pamer Mobil Nasional Turki

Berita Otomotif

Erdogan Pamer Mobil Nasional Turki

ANKARA – Recep Tayip Erdogan, Presiden Turki mengenalkan prototype dari mobil listrik yang akan diproduksi dalam negeri.

Langkah ini membuat dirinya selangkah lebih dekat untuk mewujudkan impian memproduksi mobil nasional pertama Turki. Erdogan menampilkan kendaraan SUV dan sedan sekaligus yang diklaim sangat ditunggu kehadirannya.

Presiden Erdogan pun di jadwalkan untuk melakukan test drive mobil tersebut melintasi jembatan yang melintasi teluk Izmit. Rencananya, mobil tersebut dapat mulai masuk ke pasar otomotif Turki pada tahun 2022.

“Kita saat ini menyaksikan hari bersejarah, mewujudkan impian selama 60 tahun. Saya tahu bahwa masyarakat kita tidak sabar menunggu hari dimana mereka bisa memiliki mobil ini,” ungkap Presiden Erdogan

Kehadiran mobil nasional ini memang merupakan cita-citanya sejak lama. Ia telah lama mendorong para pelaku industru untuk membangun sebuah mobil lokal sebagai bagian dari visinya menciptakan kemandirian ekonomi.

Mobil tersebut akan diproduksi oleh konsorsium dari lima perusajaan Turki yang disebut Automobile Initiative Group of Turkey atau TOGG). Perusahaan tersebut juga bekerjasama dengan Turkish Union of Chambers and Commodity Exchanges.

Dikabarkan bahwa desain dari mobil dibuat oleh Pininfarina design company yang berlokasi di Italia. Tentunya ini menarik karena Pininfarina adalah perusahaan yang mendesain beberapa model Ferrari dan mobil listrik asal California, Karma.

Erdogan mengatakan bahwa mobil akan diproduksi pabrik yang berdiri di atas lahan bekas militer di provinsi Bursa. Pabrik tersebut dirancanakan akan rampung dibangun pada 2021 dan memperkerjakan sekitar 4.300 orang. Gurcan Karakas, cheif executive TOGG berharap pihaknya bisa memproduksi lima model berbeda dalam 15 tahun.

Sebenarnya, TOGG bukanlah perusahaan otomotif lokal pertama Turki. Pada tahun 1960-an, sebuah group insinyur Turki membuat prototype kendaraan bernama Devrim yang berarti Revolusi. Sayangnya, proyek tersebut terabaikan. Kini, sejumlah perusahaan otomotif asing telah membuka pabrik di Turki seperto Ford dan Toyota. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar