Efisien Banget! Ini Konsumsi BBM Toyota Raize Menurut Klaim Pabrikan

Berita Otomotif

Efisien Banget! Ini Konsumsi BBM Toyota Raize Menurut Klaim Pabrikan

JAKARTA – Konsumsi bahan bakar minyak (BBM) Toyota Raize diklaim amat irit karena tak jauh dari 20 km per liter.

Seperti diberitakan sebelumnya, Raize akhirnya resmi mengaspal di Indonesia sejak diisukan sejak awal 2021. Peluncurannya dilakukan secara virtual pada hari yang sama dengan introduksi sang ‘saudara’, Daihatsu Rocky, pada Jumat (30/4/2021).

Keduanya sama – sama berbanderol Rp200 jutaan. Harga on the road Jakarta Raize di masa pemberian insentif Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM) 100 persen adalah Rp219,9 – 263,7 juta.

Toyota Raize

Konsumsi BBM Raize diklaim amat efisien. Angkanya, menurut Anton Jimmi Suwandy selaku Direktur Pemasaran PT. Toyota Astra Motor (TAM) dalam konferensi pers peluncuran via Zoom, mencapai 5,6 liter per 100 km untuk yang bermesin bensin 1.0-liter turbo (kombinasi dalam kota-luar kota.

“Kalau di-convert ke km per liter, mungkin sekitar 17,8 – 18 km per liter,” sambung Dimas Aska, Head of Media Relations TAM.

Sekadar mengingatkan, yang dijual terlebih dahulu oleh Toyota di Indonesia adalah Raize bermesin bensin 1.0-liter turbo. Satu opsi mesin lainnya, mesin bensin 1.2-liter naturally aspirated (NA), menyusul kemudian.

Anton mengatakan bahwa Raize 1.2-liter baru akan hadir pada semester kedua tahun ini. Adapun harganya dipastikan bakal lebih murah daripada yang bermesin bensin 1.0-liter turbo.

Toyota Raize 2021

Raize – Rocky sendiri merupakan produk kolaborasi kelima antara Toyota – Daihatsu di Indonesia. Namun, berbeda dari yang sebelum – sebelumnya, kali ini desain eksteriornya tidak ‘kembar’.

Adapun empat produk kolaborasi Toyota – Daihatsu sebelumnya di pasar otomotif Tanah Air adalah Toyota Avanza – Daihatsu Xenia (2003), Toyota Rush – Daihatsu Terios (2006), Astra Toyota Agya – Astra Daihatsu Ayla, Astra Toyota Calya – Astra Daihatsu Sigra (2016).

Semua produk di atas diproduksi di pabrik PT. Astra Daihatsu Motor (ADM).

Sampai akhir 2021, produksi Rocky – Raize diproyeksikan mencapai 34.300 unit. Sebanyak 8.800 unit di antaranya adalah untuk ekspor.

Penjualan Raize di pasar domestik ditargetkan mencapai rata – rata 2.000 unit per bulan. Sementara itu, target penjualan Rocky ialah 500 unit per bulan. [Xan]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar