Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Donald Trump Buat Honda Jazz Stop Produksi di Meksiko

Berita Otomotif

Donald Trump Buat Honda Jazz Stop Produksi di Meksiko

CELAYA - Honda Motor Co mempertimbangkan untuk memindahkan pusat produksi Honda Fit (Honda Jazz) di Meksiko ke Jepang.

Proses ini akan dilakukan dalam beberapa tahun ke depan karena adanya perjanjian dagang Amerika Utara yang baru. Saat ini pabrik Honda di Celaya, Meksiko memang memproduksi beberapa model seperti Honda Fit dan Honda HR-V untuk kebutuhan pasar di Amerika Serikat.

Dalam perjanjian dagang yang baru disebutkan bahwa kandungan mobil dari Amerika Utara harus mencapai minimal 75 persen agar bisa bebas pajak. Jumlah ini meningkat dari sebelumnya yang hanya 62,5 persen.

Perjanjian ini dikarenakan Donald Trump, Presiden Amerika Serikat ingin untuk mengurangi defisit perdagangan di negaranya. Salah satu catanya adalah dengan membatasi impor kendaraan dan meningkatkan produksi kendaraan bermerk asing di negaranya.

Namun keputusan tersebut tidak terlalu menguntungkan pabrikan kendaraan. Ini karena sejumlah pabrikan telah melakukan investasi cukup besar di Meksiko dan upah karyawan di negara tersebut pun terbilang lebih rendah dibandingkan negara-negara Amerika Utara.

Untuk itu, Honda pun akan lebih fokus untuk mengembangkan Honda HR-V mereka di Amerika Serikat karena melihat pasar SUV yang terus berkembang di sana. Sementara Honda Jazz nantinya akan diimpor dari Jepang. Hal tersebut akan dilakukan secara bertahap mulai dari peluncuran Honda Jazz generasi terbaru pada beberaa tahun ke depan. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Senior Reporter

Pria sederhana ini tinggal Bekasi sebagai warga taat pajak. Meski selalu menghadapi panas matahari atau hujan deras hingga kemacetan luar biasa setiap harinya demi pekerjaan, namun Ia tetap menjalaninya dengan penuh rasa syukur.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang