Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Januari-April 2018, Penjualan Toyota Avanza Turun Signifikan

Berita Otomotif

Januari-April 2018, Penjualan Toyota Avanza Turun Signifikan

JAKARTA – Distribusi Toyota Avanza ke pasar otomotif Indonesia sepanjang Januari-April 2018 menurun jauh hingga 40 persen.

Data wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukkan bahwa suplai Avanza pada empat bulan pertama 2018 berjumlah 28.330 unit. Volume tersebut turun 40,51 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu (year-on-year) yang berjumlah 47.619 unit.

Data menunjukkan Avanza masih menjadi mobil terlaris kedua di  segmen low multi purpose vehicle (LMPV) dan di pasar mobil nasional secara keseluruhan. Adapun mobil terlaris saat ini di jagad otomotif Indonesia plus segmen LMPV adalah Mitsubishi Xpander dengan total suplai 29.069 unit.

Xpander berada di takhta menggantikan Avanza sejak Februari lalu. Executive General Manager PT. Toyota Astra Motor (TAM) Fransiskus Soerjopranoto sendiri, hingga berita ini dinaikkan, belum menjawab pertanyaan Mobil123.com penyebab menurunnya penyaluran Avanza secara signifikan, termasuk pertanyaan soal apakah ini terkait persaingan antar model-model LMPV yang semakin ketat.

Kondisi segmen LMPV saat ini memang makin ramai dan panas. Pasalnya, sejak Agustus 2017, ada pemain baru bernama Xpander serta Wuling Confero. Keduanya bergabung dengan pemain-pemain lama lain seperti Daihatsu Xenia, Suzuki Ertiga, Honda Mobilio.

Confero merupakan satu-satunya model buatan pabrikan non-Jepang di segmen LMPV. Sebelumnya, pabrikan asal Amerika Serikat (AS) General Motors sempat mencoba terjun di segmen ini melalui model rakitan lokal Chevrolet Spin pada 2013. Sayangnya pada 2016 GM menghentikan penjualan Chevrolet Spin  plus menutup pabrik perakitannya di Pondok Ungu, Bekasi, Jawa Barat.

Lebih lanjut, wholesales LMPV secara keseluruhan sendiri menurun tipis 0,3 persen year-on-year selama empat bulan awal, dari 93.976 unit menjadi 93.690 unit. Tidak hanya Avanza yang tereduksi penjualan, tapi juga seluruh pemain LMPV di luar Xpander dan Confero. [Xan/Ari]



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang