Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Charge Mobil Listrik Lebih Mudah Dari Isi Bensin, Hanya di Negara ini

Berita Otomotif

Charge Mobil Listrik Lebih Mudah Dari Isi Bensin, Hanya di Negara ini

LONDON – Ketika negara-negara lain masih mengembangkan infrastruktur terkait mobil listrik, di Inggris justru memiliki charging station yang lebih banyak ketimbang statsiun pengisian bensin.

Di negara tersebut, ada 9.300 lokasi charging station yang bisa dimanfaatkan oleh pemilik kendaraan listrik. Dari jumlah tersebut, lebih dari 1.600 menyediakan fasilitas fast charging yang bisa mengisi daya dari 0 hingga 80 persen hanya dalam waktu kurang dari 60 menit.

Banyaknya jumlah charging station di Inggris membuat masyarakat menjadi lebih mudah untuk menerima kehadiran mobil listrik. Selain itu, Inggris juga memberlakukan aturan Ultra-Low Emission Zone sejak bulan April juga membuat masyarakat menjadi beralih ke mobil listrik.

Saat ini, mobil listrik sudah menguasai sedikitnya 1,4 persen pangsa pasar Inggris dengan peningkatan penjualan mencapai 158,1 persen pada bulan Juli saja. Jumlah tersebut diperkirakan akan terus meningkat.

"Kami telah mengatasi kekhawatiran terkait jarak tempuh dari mobil listrik yang menjadi perhatian masyarakat. Tantangan selanjutnya adalah ada pada pengembangan infrastruktur pengisian daya untuk memastikan bahwa kendaran listrik dapat terus berjalan, memberikan pengalaman bahwa mengisi daya tetap menyenangkan dan tidak perlu repot,” ungkap Kalyana Sivagnanam, Managing Director Nissan Inggris.

Ketika charging station meningkat secara signifikan (pada tahun 2011 hanya terdapat beberapa ratus saja), jumlah stasiun pengisian bensin sudah bekurang hingga 80 persen sejak 1970. Dan kini jumlahnya menjadi hanya 8.400 stasiun pengisian bensin. [Adi/Ari]

 



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Senior Reporter

Pria sederhana ini tinggal Bekasi sebagai warga taat pajak. Meski selalu menghadapi panas matahari atau hujan deras hingga kemacetan luar biasa setiap harinya demi pekerjaan, namun Ia tetap menjalaninya dengan penuh rasa syukur.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang