DFSK Sudah Punya 75 Dealer di Indonesia, 15 Lainnya dalam Proses

Berita Otomotif

DFSK Sudah Punya 75 Dealer di Indonesia, 15 Lainnya dalam Proses

JAKARTA – Dongfeng Sokon (DFSK) telah mengoperasikan 75 dealer di Indonesia.

Merek mobil asal China ini baru saja meresmikan 11 dealer sales, service, spare parts (3S) sekaligus pada Senin (11/11/2019). Seremoninya sendiri berlangsung di kantor pusat DFSK Indonesia yang berada di Pondok Indah, Jakarta.

Franz Wang, Managing Director PT. Sokonindo Automobile (SA), mengatakan ke-11 dealer tersebut membuat ‘pekerjaan rumah’ mereka dalam hal jaringan penjualan dan purnajual untuk tahun ini hampir selesai. Sebagian besar dealer dalam rencana sudah beroperasi.

“Penambahan ini membuat kami sekarang punya 75 outlet di seluruh Indonesia. Sebanyak 15 dealer lainnya dalam proses konstruksi. Artinya, pada akhir tahun ini kami akan punya 90 dealer sesuai rencana,” ucap dia di sela-sela acara.

DFSK masuk Indonesia pada 2014 dan langsung membangun pabrik yang diresmikan pada akhir 2017. Mereka juga memulai penjualan sejak 2017 dan hingga kini menawarkan dua kendaraan penumpang dan satu kendaraan komersial.

Dua kendaraan penumpang itu berjenis sport utility vehicle (SUV) yaitu Glory 580 berharga Rp 300 juta-an plus Glory 560 berbanderol Rp 200 juta-an. Satu lainnya ialah pikap kecil Super Cab.

Lebih lanjut, dari 90 dealer pada penghujung 2019, sebanyak 55 persennya berada di Pulau Jawa. Kemudian, antara 20 – 21 persen tersebar di Pulau Sumatera.

“Selain itu ada di Pulau Kalimantan dan Sulawesi. Masing-masingnya sekitar 10-11 persen,” tukas Franz.

Ke-11 dealer yang baru saja diresmikan sendiri mayoritas berada di Pulau Sulawesi. Ini karena rekanan DFSK yang mempunyai seluruh dealer tersebut, PT. Auto Indo Utama, memang paling mengenal region ini ketimbang pulau-pulau lainnya.

Lima dealer berada di seputar Sulawesi yakni Makassar (provinsi Sulawesi Selatan), Palu (Sulawesi Tengah), Kendari (Sulawesi Tenggara), Manado (Sulawesi Utara) serta Gorontalo (Sulawesi Utara). Tiga berlokasi di Jakarta yakni Pondok Indah, MT. Haryono dan Pluit.

Tiga sisanya terdapat di Tangerang (Banten), Sidoarjo (Jawa Timur) dan Kupang (Nusa Tenggara Timur). [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar