DFSK Masih Yakin Bisa Tingkatkan Penjualan Mendekati 1000 Persen

Berita Otomotif

DFSK Masih Yakin Bisa Tingkatkan Penjualan Mendekati 1000 Persen

JAKARTA - Dongfeng Sokon (DFSK) mengaku masih yakin bisa memenuhi target penjualan ambisius mereka tahun ini.

Sekadar mengingatkan, DFSK memasang target penjualan wholesales 12 ribu unit pada 2019, meningkat luar biasa dibandingkan tahun lalu yang baru 1.222 unit berbekal sport urility vehicle (SUV) Glory 580 plus mobil niaga SuperCab. Persentase kenaikan yang mereka incar mencapai 882 persen.

Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukkan penjualan wholesales DFSK sepanjang semester satu (Januari - Juni) 2019 baru mencapai 1.667 unit. Sedangkan, penjualan retail berjumlah 1.313 unit.

Franz Wang, Managing Director PT. Sokonindo Automobile (SA), tidak menyebut ada revisi target memasuki semester kedua ini. Ia kemudian menjelaskan alasan mengapa merek mobil asal China tersebut menetapkan target yang tergolong amat besar bagi mereka tahun ini.

“Itu karena beberapa alasan. Pertama, pada 2018 kami sebenarnya baru efektif melakukan penjualan selama kurang dari setengah tahun. SUV pertama kami (Glory 580) baru mulai meluncur dan dijual pada 19 Juli. Sekarang kami punya setahun penuh,” ucap dia menjawab pertanyaan Mobil123.com di sela-sela Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019, 18 - 28 Juli di Serpong, Tangerang.

Alasan kedua, pada tahun lalu pihaknya baru punya lebih dari 20 dealer. Jumlahnya sudah jauh bertambah sekarang.

“Sekarang, kami sudah mengamankan kerja sama untuk pembangunan dealer sebanyak lebih dari 60 outlet. Lebih dari 50 di antaranya sudah beroperasi. Jadi, saat ini kami punya lebih banyak jaringan yang mendistribusikan unit-unit kendaraan kami,” tandasnya.

Alasan lain, jumlah model yang sekarang dipasarkan sudah lebih banyak ketimbang 2018. Ada low SUV Glory 560 yang meluncur April kemarin, medium SUV Glory 580, serta pick up ringan SuperCab.

“Sekarang kami punya 3 produk yang sudah kami jual. Masing-masing ada di segmen berbeda dan masing-masing menawarkan kelebihan kompetitif berbeda. Jadi kami masih percaya diri pada target kami,” tegas Franz.

Pada kuartal keempat tahun bershio babi tanah ini, DFSK masih punya satu model lagi yang akan meluncur yakni varian termewah sekaligus tercanggih dari Glory 580. Varian bernama i-Auto ini sudah diperkenalkan dalam GIIAS 2019. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar