DFSK Indonesia Bidik Segmen Minibus dan Blind Van

Berita Otomotif

DFSK Indonesia Bidik Segmen Minibus dan Blind Van

JAKARTA – DFSK Indonesia menilai bahwa saat ini pasar kendaraan komersial masih akan bertumbuh di tahun 2020.

Hal ini karena mereka melihat adanya pertumbuhan dan ceruk pasar yang cukup besar untuk kendaraan Minibus & Blind Van. Bahkan bila melihat data yang dikeluarkan oleh Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), kedua segmen ini tetap mengalami pertumbuhan meski secara keseluruhan pasar otomotif nasional mengalami kelesuan hampir 11%.

Tercatat, penjualan minibus di 2019 mencapai 18.300 unit atau mengalami pertumbuhan 2 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Kemudian penjualan di segmen blind van mencapai 9.600 unit dan mengalami pertumbuhan mencapai 15%.

Pertumbuhan ini memotivasi DFSK untuk melakukan ekspansi bisnis di segmen kendaraan komersial yang sebelumnya baru hadir di ceruk pikap ringan. Terlebih, pemain di kedua segmen ini tidaklah banyak, sehingga masuknya DFSK akan membuat konsumen semakin banyak pilihan untuk membeli kendaraan sesuai kebutuhan dan daya belinya.

DFSK sendiri bukan tanpa persiapan untuk masuk ke dalam segmen minibus dan blind van. Mereka mengklaim telah melakukan sejumlah persiapan, termasuk melalui survey pada pelanggannya di Indonesia.

Dalam survey tersebut mereka menemukan bahwa masyarakat pengguna model minibus menjadikan kendaraannya untuk dua keperluan. Yang pertama, bagi konsumen perseorangan cenderung menggunakan kendaraan minibus sebagai kendaraan penumpang sebanyak 60% dan sisanya 40% digunakan untuk keperluan angkut barang.

Namun, hasil tersebut berbeda bila dibandingkan dengan pelanggan corporate atau perusahaan. Tercatat sebanyak 60% minibus digunakan untuk keperluan mengangkut barang dan 40% nya sebagai kendaraan penumpang.

Sedangkan untuk blind van, ceruknya cukup besar mengingat mobil ini sangat berguna untuk mengangkut barang maupun menjadi ambulance. Terlebih bila melihat perkembangan pembangunan jalan tol yang kini semakin baik. Kendaraan logistik akan mengalami pertumbuhan besar di masa depan. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar