DFSK Glory 580 Rakitan Indonesia Segera Dijual di Thailand

Berita Otomotif

DFSK Glory 580 Rakitan Indonesia Segera Dijual di Thailand

JAKARTA – Dongfeng Sokon (DFSK) Glory 580 rakitan Indonesia bakal segera diekspor utuh (Completely Built-Up/CBU) serta dijual di Thailand pada 2019.

Franz Wang, Managing Director PT. Sokoindo Automobile (SA), mengungkapkan bahwa pihaknya pada akhir tahun lalu sudah mulai mengekspor stok perdana sport utility vehicle (SUV) Glory 580 yang diperlukan untuk persiapan penjualannya di Thailand. Saat ini, agen pemegang merek DFSK di di ‘Negeri Gajah Putih’ masih melakukan segala preparasi yang dibutuhkan, termasuk di antaranya homologasi final, sebelum meluncurkan dan mulai memasarkan model ini.

“Yang kami ekspor ke sana adalah Luxury CVT, ini varian dari model Glory 580 yang paling disukai orang Indonesia,” ucap dia di sela-sela seremoni pembukaan dealer DFSK Cimanggis, Depok, pada awal pekan ini.

Sebagai informasi, DFSK masuk ke Tanah Air dengan membangun pabrik di Cikande, Serang, Banten yang sudah diresmikan pada November 2017. Fasilitas perakitan ini berdiri di atas lahan seluas 20 hektare dengan nilai investasi 150 juta dollar AS (Rp 2,14 triliun) dengan kapasitas produksi total 50 ribu unit setahun.

Investasi ini rencananya akan ditambah hingga mencapai 300 juta dollar AS (Rp 4,28 triliun) di masa depan untuk pembangunan pabrik mesin.

DFSK sendiri memulai perjalanan di pasar Indonesia dengan memperkenalkan pikap kecil SuperCab pada awal semester kedua 2017. Kemudian, kendaraan penumpang Glory 580 diluncurkan pada awal semester kedua 2018.

Pada 2018, pabrikan asal China ini membukukan penjualan wholesales 1.222 unit bagi kedua model.

Lebih lanjut, Franz menegaskan kembali bahwa pabrik mereka di Indonesia memang dipersiapkan sebagai basis produksi bagi region Asia Tenggara. Pabrik tersebut adalah salah satu dari sekian banyak basis manufaktur global DFSK.

“Kami memilih Indonesia antara lain karena lokasinya yang secara geografis sangat strategis bagi pengapalan ekspor,” ucap dia lagi.

Merek mobil asal China ini sendiri pada April bakal kembali merilis model kendaraan penumpang baru yaitu Glory 560. Model tersebut kelak menjadi SUV yang berharga lebih terjangkau dari Glory 580 dan menjadi pesaing Toyota Rush.

Tidak disebutkan apakah Glory 560 kelak diekspor pula ke luar negeri, serta kapan waktunya.

DFSK memasang target penjualan 12 ribu unit pada 2019. Adapun jumlah dealer diproyeksikan mencapai 90 outlet sampai akhir tahun nanti. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar