Perkuat Tim Desain, Kia Kembali Rekrut Mantan Desainer BMW

Berita Otomotif

Perkuat Tim Desain, Kia Kembali Rekrut Mantan Desainer BMW

SEOUL – Kia tampaknya benar-benar berambisi membuat desain mobil mereka makin keren. Soalnya, lagi-lagi mereka merekrut mantan desainer BMW.

Kia gencar merekrut para desainer ‘lulusan’ pabrikan otomotif Jerman dalam lima tahun terakhir. Desainer-desainer ‘alumni’ BMW menjadi favorit.

Pabrikan otomotif Korea Selatan yang satu grup dengan Hyundai tersebut, seperti dilaporkan Carbuzz beberapa waktu lalu, baru saja merekrut satu lagi mantan desainer BMW yaitu Won Kyu Kang. Dia ditempatkan sebagai Vice President and Head of Kia Design Innovation Group.


Salah satu jasa Kang saat masih bersama BMW adalah menjadi Lead Designer untuk BMW 3.0 CSL Hommage Concept 2015. Ketika itu, dia menjabat sebagai Creative Director at BMW Group Designworks di Shanghai, China.

Mobil konsep tersebut punya desain amat garang. Sayang, versi produksinya tak terealisasikan.


Setelah bergabung dengan Kia, Kang berkantor di kantor pusat desain mereka di Namyang, Korea Selatan. Dia melapor ke Karim Antoine Habib selaku Senior Vice President and Head of Kia Design Center.

Habib sendiri merupakan salah satu desainer gemblengan BMW di Kia. Sebelum bergabung di sana pada 2019, Habib pernah berkarier di BMW, Daimler, serta Infiniti.

Desainer lulusan BMW lainnya di Kia adalah Albert Biermann. Pria yang sekarang menjabat sebagai President and Head of R&D Division at Hyundai Motor/Kia Motors itu bekerja di BMW sejak 1983 sebelum akhirnya hijrah ke ‘Negeri Ginseng’ pada 2015.

Di luar ‘kubu desainer BMW’, ada Peter Schreyer. Dia adalah mantan eksekutif Audi (Volkswagen Group) yang bergabung di Kia pada 2015 dan sekarang menjabat sebagai President of Design Management Hyundai Motor Group.

Lebih lanjut, Kia percaya Won Kyu Kang dapat membantu pengembangan strategi merek tersebut dalam urusan desain. Sang rekrutan anyar ini diyakini bisa memberikan sentuhan baru bagi desain eksterior maupun interior di seluruh portofolio produk masa depan Kia.

Kang juga bakal memainkan peranan penting dalam mendesain mobil-mobil listrik masa depan Kia. Proyek mobil listrik ini mereka sebut sebagai ‘Plan S’.

Kang mengaku amat merasa terhormat bisa bergabung dengan tim desain Kia. Apalagi, ini terjadi ketika industri otomotif sedang menghadapi pergeseran yang radikal.

“Saya percaya Kia akan memainkan peran penting dalam menentukan era baru desain otomotif, disertai dengan hadirnya produk-produk mobil listrik beragam serta peta jalan mobilitas yang visioner untuk masa depan,” tandasnya. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar