Bocor! Kia Ungkap 2 Kandidat Mobil Listrik untuk Indonesia

Berita Otomotif

Bocor! Kia Ungkap 2 Kandidat Mobil Listrik untuk Indonesia

JAKARTA – Kia akhirnya membocorkan dua kandidat mobil listrik untuk pasar Indonesia. Sayangnya, studi mengenai hal ini harus mundur sampai tahun depan gara-gara pandemi virus Corona (Covid-19).

Seperti diberitakan sebelumnya, agen pemegang merek Kia di Nusantara mengintip peluang untuk meramaikan pasar mobil listrik. Pasalnya, pada Oktober 2021, berbagai insentif fiskal maupun nonfiskal bagi kendaraan listrik—mulai dari hybrid, plug-in hybrid (PHEV), sampai 100 persen baterai—mulai berlaku dengan syarat melakukan perakitan lokal beberapa tahun setelah melakukan penjualan.

Dalam Diskusi Virtual Forum Wartawan Otomotif (Forwot) beberapa waktu lalu, merek asal Korea Selatan ini makin buka-bukaan mengenai rencana mereka. Model-model mobil listrik yang kemungkinan masuk ke Tanah Air disebutkan secara gamblang.

“Kami juga lagi meminta ke prinsipal. Mereka punya beberapa model mobil listrik yang sudah dijual. Seperti Kia Soul EV dan Kia Niro,” ucap Ario Soerjo, Marketing and Development Division Head PT. Kreta Indo Artha.

Dua model itulah, menurut Ario, yang akan mereka pelajari. Tadinya, studi ingin mereka lakukan pada 2020. Namun, pandemi yang menghantam Indonesia sejak Maret kemarin memukul mundur rencana tersebut.


“Tadinya kami baru mau pelajari tahun ini. Tapi mungkin jadinya tahun depan,” tandas dia.

Di pasar global, Kia sudah mempunyai Optima hybrid, Soul EV yang 100 persen baterai, plus Niro. Adapun Niro terbagi lagi menjadi hybrid, PHEV, serta yang murni mengusung sistem penggerak listrik.

Kia, menurut Ario, sedang menanti-nanti aturan mengenai petunjuk teknis dan petunjuk pelaksaan (juklak dan juknis) kendaraan listrik dari pemerintah yang belum juga terbit. Untuk perakitan lokal, Kia mengandalkan pabrik milik Indomobil Group.

Merek Korea Selatan lain yang satu grup dengan Kia, Hyundai, juga sedang membangun pabrik di Cikarang, Bekasi. Kendati begitu, Ario mengaku belum mendapat kabar mengenai kemungkinan melakukan perakitan lokal di sana.

Hyundai sendiri sudah mengumumkan rencana peluncuran dua model mobil listrik pada 2020. Keduanya, Hyundai Ioniq serta Hyundai Kona EV, telah dibawa dan dipamerkan ke Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.

“Mudah-mudahan juga saudara kami sukses. Ini karena (mobil listrik) mereka dan kami memiliki platform sama. Jadi akan lebih mudah untuk Kia mengikuti jejak karena basis mobilnya pun sama,” tandasnya. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar