Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Datsun Buka Kemungkinan Hadirkan Sedan Jika Pajaknya Turun

Berita Otomotif

Datsun Buka Kemungkinan Hadirkan Sedan Jika Pajaknya Turun

KARAWANG – Datsun membuka peluang memasarkan sedan di Indonesia, jika pajak untuk kendaraan jenis ini turun. 

Datsun saat ini memiliki sedan kecil yang diproduksi serta dijual di Rusia bernama On-Do. Mobil ini bermesin 1.6 L, DOHC, empat silinder.

Chief Vehicle Engineer Datsun Business Unit Nissan Motor Corporation (NMC) Nobuyuki Kawai tak menutup kemungkinan mengaspalkan On-Do di Nusantara, jika pajak sedan turun dan konsumen dianggap membutuhkannya. Hanya saja, hingga kini belum ada rencana dan studi mengenai itu.

“Pangsa pasar sedan di sini kecil,” ujarnya.

Sebagai informasi, komposisi sedan dari total penjualan mobil nasional saat ini hanya sekitar 1 persen karena pajak penjualan barang mewah (PPnBM) tinggi yang menyebabkan harganya mahal. Namun, pemerintah pada tahun ini berencana menerbitkan regulasi baru yang salah satunya berisi penyeragaman PPnBM sedan demi menggenjot lokalisasi produksi plus ekspor model di masa depan.

Kalaupun pada akhirnya Datsun menilai On-Do potensial dijual di Indonesia karena pajak sedan turun, Kawai menyatakan perlu ada beberapa perubahan demi memenuhi selera dan karakter konsumen Tanah Air.

“Tentu kami sudah membuat sedan empat pintu bersetir kiri di Rusia. Tapi, jika mobil itu ke Indonesia, kami butuh membuat pengembangan baru untuk setir kanan. Agar lebih cocok dengan pasar di sini mungkin kami juga butuh ground clearance lebih tinggi, penyerapan vibrasi lebih besar. Kami mesti mempertimbangkannya lagi,” papar dia.

Datsun saat ini bermain di pasar otomotif Indonesia berbekal tiga model yaitu hatchback Go Panca, multi purpose vehicle (MPV) Go+ Panca, serta crossover Cross yang baru saja diluncurkan 18 Januari kemarin. Go dan Go+ Panca berada di segmen mobil murah berinsentif pajak low cost green car (LCGC), sedangkan Cross adalah mobil non-LCGC.

Harga on the road Jakarta Datsun Cross Rp 161,49 juta untuk transmisi manual dan Rp 173,99 juta bagi transmisi X-Tronic CVT.

“Sejauh ini kami belum ada niat memasarkan sedan karena kami harus memantapkan dulu bisnis kami di Indonesia. Datsun Cross ini adalah awal era baru Datsun di Indonesia,” tutup Kawai. (Xan/Ari)



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang