Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Daftar Mobil Penerima Diskon PPnBM 2022 Diharapkan Keluar Minggu Depan

Berita Otomotif

Daftar Mobil Penerima Diskon PPnBM 2022 Diharapkan Keluar Minggu Depan

JAKARTA - Pabrikan otomotif berharap daftar resmi mobil yang mendapatkan ‘diskon’ Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM) 2022 segera diterbitkan oleh pemerintah.

Regulasi mengenai perpanjangan insentif PPnBM Ditanggung Pemerintah (PPnBM DTP) untuk mobil baru tahun ini, Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 5/PMK.010/2022, memang sudah terbit awal Februari.

Namun, implementasinya masih harus menunggu aturan turunan dari Kementerian Perindustrian mengenai daftar mobil penerima kebijakan yang juga hadir pada Maret-Desember 2021 itu.

Pabrikan-pabrikan otomotif sendiri sudah diminta mengajukan model-model yang dirasa memenuhi syarat mendapatkan pengurangan PPnBM. Daihatsu merupakan salah satunya.

“Kami berharap minggu depan apa yang kami dapatkan sudah mendapatkan feedback (respons). Semoga minggu depan sudah lebih jelas semua yang kami ajukan itu mendapat persetujuan atau tidak,” ucap Marketing Director dan Corporate Planning and Communication Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Amelia Tjandra menjawab pertanyaan Mobil123.com dalam konferensi pers virtual bulanan, Jumat (11/2/2022).

Daihatsu mengajukan lima model (Ayla, Sigra, Xenia, Terios, Rocky) dengan total 51 varian yang mereka nilai berhak mendapatkan insentif PPnBM. Adapun persyaratan tahun ini berbeda dengan tahun lalu.

Pada 2022, hanya ada dua kategori kendaraan yang bisa mendapatkan diskon PPnBM.

Paling pertama adalah model-model LCGC seharga tak sampai Rp200 juta dengan insentif membuat tarif PPnBM yang normalnya 3 persen menjadi hanya 0 persen (kuartal satu), 1 persen (kuartal dua), lalu 2 persen (kuartal tiga).

Selanjutnya ialah model-model non-LCGC dengan harga paling mahal Rp250 juta dan komponen lokal 80 persen ke atas. Insentifnya membuat tarif PPnBM normal 15 persen menjadi 7,5 persen pada kuartal pertama.

Pembeli Daihatsu Ayla, Sigra, Xenia, Terios, Rocky Januari 2022 Dapat Refund?

Amelia menjelaskan sejak Januari 2022, Daihatsu sudah percaya diri menerapkan harga berbasis PPnBM 0 persen pada Ayla dan Sigra meskipun daftar resminya belum dirilis.

Jadi, tidak ada pengembalian dana bagi para pembeli dua model tersebut pada Januari hingga pertengahan Februari ini.

Sementara, harga Xenia, Terios, maupun Rocky masih menggunakan tarif PPnBM normal.

Dengan demikian, Daihatsu bakal menerapkan refund (pengembalian kelebihan pembayaran) kepada para konsumen yang membeli tiga model di atas. Tentunya saja, varian yang dibeli harus termasuk dalam daftar penerima diskon PPnBM.

“Kalau dilihat, dari harganya memang Ayla dan Sigra semua variannya di bawah Rp200 juta sehingga kami percaya diri (langsung terapkan PPnBM 0 persen),” timpal Marketing and Customer Relations Division Head PT. Astra International - Daihatsu Sales Operation Hendrayadi Lastiyoso.

“(Untuk Xenia, Terios, Rocky) harus kami daftarkan dulu karena varian masing-masingnya banyak sekali. Ada yang harganya Rp200 juta-an sampai lebih dari Rp250 juta,” tutup dia. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang