Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

JAW 2022, Pameran di Akhir Masa Diskon PPnBM untuk Mobil Non-LCGC

Berita Otomotif

JAW 2022, Pameran di Akhir Masa Diskon PPnBM untuk Mobil Non-LCGC

JAKARTA - Jakarta Auto Week (JAW 2022) sengaja dihelat untuk mengoptimalkan momentum ‘diskon’ Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM) tahun ini.

JAW 2022 berlangsung sejak Sabtu (12/3/2022) kemarin hingga Minggu (20/3/2022) di Jakarta Convention Center, Senayan. Ada 13 merek mobil yang berpartisipasi.

Sejak awal, asosiasi pabrikan mobil di negeri ini sudah menegaskan fokus pameran tersebut sebagai ajang mendorong transaksi. Khususnya di tengah momentum insentif PPnBM yang kembali diperpanjang pemerintah sejak Januari tahun ini.

“Relaksasi PPnBM secara signifikan telah mendorong penjualan di sektor industri otomotif Indonesia. Namun kebijakan tersebut akan berangsur berkurang,” ujar Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Yohannes Nangoi dalam keterangan resmi beberapa waktu lalu.

“Oleh karena itu, konsep Jakarta Auto Week sebagai ajang promo otomotif adalah upaya kami untuk tujuan yang sama, untuk dapat secara maksimal memicu penjualan otomotif secara masif diawal tahun ini,” lanjutnya.

JAW 2022

Sekadar mengingatkan, diskon PPnBM 2022 diterapkan dengan syarat-syarat maupun periode yang berbeda daripada tahun sebelumnya. Untuk mobil-mobil non-low cost green car (LCGC), potongan PPnBM hanya 50 persen dari tarif normal dan berlaku cuma pada Januari-Maret.

Model-model yang mendapatkannya pun lebih sedikit daripada 2021. Pasalnya, ada syarat perakitan dalam negeri dengan komponen lokal minimal 80 persen dan harga di bawah Rp250 juta.

Adapun pengurangan PPnBM bagi mobil-mobil LCGC berlangsung pada Januari-September, dimulai dari diskon 100 persen dari tarif normal pada kuartal pertama. Terdapat pula syarat diproduksi di dalam negeri dengan komponen lokal sekurang-kurangnya 80 persen dan harga tertinggi Rp200 juta.

Dengan demikian, JAW 2022 berlangsung di bulan terakhir pelaksanaan diskon PPnBM untuk mobil-mobil non-LCGC.

Ketua III dan Ketua Penyelenggara Pameran Gaikindo Rizwan Alamsjah menyebut diskon PPnBM bukan satu-satunya ‘senjata’ merek-merek yang hadir di sana. Ada pula promo-promo lainnya.

“Sesuai dengan konsep yang Kami angkat yaitu ajang promo otomotif, Jakarta Auto Week dipastikan akan dipenuhi dengan berbagai promo yang hadir sepanjang pameran, baik dari para peserta maupun lembaga pembiayaan,” tandasnya.

Gaikindo menganggap lokasi pelaksaan JAW 2022 amat strategis karena berdekatan dengan kereta commuter line maupun MRT.

Disediakan pula shuttle dari dan ke stasiun MRT Istora Mandiri setiap 15 menit, mulai pkl.11.00 WIB di hari kerja dan 10.00 WIB pada akhir pekan.

Bicara para partisipan, JAW 2022 diikuti oleh Daihatsu, Honda, Hyundai, Isuzu, Kia, Lexus, Mazda, MG, Mitsubishi Motors, Nissan, Suzuki, Toyota, Wuling. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang