Bocoran Mobil Listrik BMW-MINI yang Akan Meluncur 2022 di Indonesia

Berita Otomotif

Bocoran Mobil Listrik BMW-MINI yang Akan Meluncur 2022 di Indonesia

JAKARTA – BMW Group Indonesia ‘membongkar’ model-model mobil listrik yang akan meluncur 2022, baik dari merek BMW maupun MINI.

Dari merek BMW, ada dua yang sedang dipersiapkan meluncur di Indonesia.

“Untuk tahun depan, kami akan hadirkan lebih banyak lagi kendaraan 100 persen listrik dari BMW. Terutama adalah iX dan i4,” ucap Director of Communication BMW Group Indonesia Jodie O’Tania meladeni pertanyaan Mobil123.com dalam konferensi pers virtual beberapa waktu lalu.

mobil listrik BMW i4

Di samping itu, ia juga menyebut rencana perkenalan mobil listrik MINI pada 2022.

Patut diduga yang ia maksud adalah MINI SE, karena ini merupakan satu-satunya model mobil listrik MINI hingga sekarang.

“Mengenai kendaraan listrik sendiri, kami sudah punya perencanaan cukup panjang. Kami sudah menghadirkannya mulai 2014. Bahkan, kami termasuk yang pertama menghadirkan kendaraan 100 persen listrik,” papar Jodie.

mobil listrik MINI SE

Ketika gaung mobil listrik belum ramai seperti sekarang, BMW memang sudah memamerkan kendaraan terelektrifikasi di Indonesia.

Langkah pertama mereka adalah dengan membawa BMW i8 plug-in hybrid (PHEV) sebagai mobil eksibisi dalam gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2014.

Kemudian, pada 2016, mereka resmi meluncurkan i8 Coupe dengan memanfaatkan pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS).

Dua tahun setelahnya, giliran i8 Roadster yang diterjunkan dalam ajang yang sama.

Lalu, pada 2019, BMW lagi-lagi memanfaatkan GIIAS untuk merilis mobil listrik murni i3S.

mobil listrik BMW i3s

Pemerintah Indonesia sendiri berencana mempromosikan mobil listrik dengan mempersiapkan berbagai insentif. Di antaranya insentif Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM) yang berlaku mulai 16 Oktober 2021, agar harga-harga mobil hybrid, PHEV, mobil listrik murni, sampai mobil hidrogen dapat turun.

Adapun BMW belum bisa memastikan pengaruh insentif PPnBM terhadap i3s.

“Saat ini kami sedang melihat seperti apa detail dan semua persyaratan teknisnya karena di situ, kan, ada soal penggunaan komponen lokal dan syarat investasi. Jadi pasti kami perlu banyak melihat dulu seperti apa,” terang Jodie.

“Jadi, untuk sekarang, kami belum bisa memberitahukan apakah akan ada penurunan harga atau apa,” tutup dia. [Xan/Ses]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar