Covid-19 Pukul Penjualan Daihatsu Xenia

Berita Otomotif

Covid-19 Pukul Penjualan Daihatsu Xenia

JAKARTA – Daihatsu Xenia menjadi model yang paling terdampak pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Hendrayadi Lastiyoso, Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International – Daihatsu Sales Operation (AI-DSO). menyampaikan langsung kondisi ini. Dan secara umum  disebabkan karena segmen LMPV yang memang menurun lebih drastis dibandingkan segmen lain.

“Segmen LMPV di Indonesia itu dulu 22%-25% di market otomotif Indonesia. Nah di 2020, segmen ini mengalami penurunan terutaman setelah kuartal kedua. Bila di 2019 itu masih 22%-23%, tahun ini menjadi hanya 15%-16%. Jadi kalau menurut saya, segmen ini mengalami penurunan secara komposisi, jadi bukan hanya Daihatsu tapi semua brand,” tegasnya.

Penurunan tersebut pun diklaim karena adanya kondisi pandemi Covid-19, maka yang membeli mobil menjadi sangat sedikit. Hanya bila orang tersebut butuh atau memang memiliki kekuatan financial saja yang berani melakukannya

“Mereka pun banyak yang turun ke Daihatsu Sigra. Ini karena mereka butuh mobil 7 seater tapi harganya lebih terjangkau. Untungnya Daihastu masih punya Sigra sehingga penurunan penjualan Daihatsu tidak terlalu besar,” tambahnya.

Penjualan Daihatsu di Bulan Agustus

Daihatsu

Meski membaik, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengakui bahwa pergerakan pasar otomotif di Indonesia cenderung lambat. Sejak terjadinya pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-10) penjualan mobil di Tanah Air langsung menurun signifikan. Secara nasional, hingga Agustus, capaian whole sales mobil baru berada di kisaran 320 ribu unit dan retail sales sekitar 360 ribu unit.

Dari jumlah tersebut, wholesales Daihatsu berhasil menjual mencapai 57.978 unit. Menariknya, jumlah tersebut cukup untuk meningkatkan market share menjadi 17,9% jika dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar 17,4%.

Sementara untuk retailsales, penjualan Daihatsu mencapai 65.767 unit. Ini artinya, Daihatsu berhasil meraih market share sebesar 18,1%, naik bila dibandingkan periode sama tahun lalu sebesar yang hanya mencapai 16,9%.

Secara bulanan, whole sales Daihatsu meningkat dari yang sebelumnya sebesar 1.553 unit pada Juli, menjadi 6.651 unit pada Agustus, dengan kenaikan lebih dari 4 kali lipat. Pada bulan yang sama, retail sales di Agustus tercatat sebanyak 6.300 unit, atau naik 7% dibandingkan bulan Juli lalu sebesar 5.890 unit.

Secara akumulatif, hingga Agustus 2020, retail sales Daihatsu masih tetap didominasi oleh Astra Daihatsu Sigra dengan capaian sebesar 18.140 unit, berkontribusi sebesar 27,6%, lalu diikuti oleh Gran Max Pick-Up 14.054 unit (21,4%) dan Terios 9.844 unit (15,0%). [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar