Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Charging Station di BPPT Pakai Tenaga Surya

Panduan Pembeli

Charging Station di BPPT Pakai Tenaga Surya

TANGERANG SELATAN – Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) menegaskan bahwa pihaknya telah memiliki dua Fast Charging Statition (FCS).

Keduanya berkapasitas 50 kW dan berlokasi di Gedung BBPT Thamrin dan Balai Besar Teknologi Konversi Energo (B2TKE-BPPT) di Puspitek Serpong. Menariknya, sumber listrik untuk FCS tersebut diklaim tetap ramah lingkungan karena berasal dari Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS).

PLTS tersebut total memiliki kapasitas jingga 105 Kwp. 5 kWp dipasang di atap FCS dan sisanya ditambahkan dari Smart Microgrid yang dipasang di atap gedung. Kendali dan monitoring FCS tersebut dilakukan di control room Smart Microgrid.

Smart Microgrid adalah sebuah jaringan listrik kecil yang terdiri dari sumber energi listrik, beban listrik dan sistem kendalinya. Sistem ini bisa terhubung dengan grid yang lebih besar ataupun berdiri sendiri. Teknologi ini memungkinkan aliran informasi dua arah antara penyedia dan konsumen agar sistem kelistrikan lebih optimal.

Dengan ini maka ketika mobil listrik sedang mengisi daya, FCS akan berkomunikasi dengan control room. Di sana akan direkam jumlah listrik terpakai dan jumlah listrik yang diproduksi oleh PLTS untuk pengisian kendaraan.

“Saat ini kami sudah punya dua lalu tahun ini kita akan bangun lagi di Bandung dan satu lagi di lokasi yang belum ditentukan. Tahun depan, BPPT akan membangun total tujuh charging station lagi,” ungkap Eniya Listiani Dewi, Deputi Kepala BPPT bidang Teknologi Informasi, Energi dan Material (TIEM), [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Senior Reporter

Pria sederhana ini tinggal Bekasi sebagai warga taat pajak. Meski selalu menghadapi panas matahari atau hujan deras hingga kemacetan luar biasa setiap harinya demi pekerjaan, namun Ia tetap menjalaninya dengan penuh rasa syukur.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang