Gaikindo Dukung Percepatan Pengembangan Mobil Listrik

Berita Otomotif

Gaikindo Dukung Percepatan Pengembangan Mobil Listrik

JAKARTA - Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menegaskan bahwa pihaknya mendukung kebijakan Pemerintah yang berencana untuk mempercepat kehadiran mobil listrik di Indonesia.

Dukungan tersebut pun diklaim telah dibuktikan oleh sejumlah pabrikan yang telah mulai mengenalkan mobil listriknya. Dengan demikian diharapkan masyarakat tidak ragu untuk menggunakan kendaraan listrik di masa depan,

“Pertumbuhan penggunaan kendaraan berbasis EV ini sangat bergantung pada pasar Indonesia, permintaan dapat tumbuh bila penawaran kendaraan EV dapat bersaing dengan kendaraan konvensional,” ungkap Kukuh Kumara, Sekretaris Umum Gaikindo.

Meski demkian, Ia mengakui bahwa kendaraan listrik di Indonesia masih menemui sejumlah kendala. Pembangunan infrastruktur pendukung dan Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU) atau charging station yang membutuhkan waktu akan menjadi salah satu faktor penting terhadap keberlangsungan mobil listrik.

Sejumlah perusahaan penyalur bahan bakar pun mengklaim siap melakukan investasi baru untuk menyediakan SPLU. Meski demikian, pembangunan tersebut tidak bisa dilakukan secara instan dan tergesa-gesa.

Sedangkan program Pemerintah untuk mengembangkan bahan bakar minyak ramah lingkungan (green fuel) diakui Gaikindo sebagai langkah yang baik. Pasalnya, dari sisi bahan baku penggunaan bio fuel tersebut sangat memungkinkan terlebih Indonesia merupakan salah satu penghasil sawit terbesar di dunia.

“Pengembangan green fuel ini disambut baik oleh Gaikindo. Pasalnya, ketersediaan beragam sumber green fuel di Indonesia, dan dari sisi spesifikasi mesin tidak perlu perubahan yang signifikan,” jelas Kukuh. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar