Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Cara Memilih Penjual Mobil Bekas Terpercaya dengan Unit yang Berkualitas

Panduan Pembeli

Cara Memilih Penjual Mobil Bekas Terpercaya dengan Unit yang Berkualitas

Membeli mobil bekas yang cukup mudah yaitu dengan mendatangi dealer. Hanya saja, masih ada penjual mobil bekas bersikap nakal dan culas sehingga mobil yang dijual kondisinya hasil akal-akalan. 

Adanya dealer mobil bekas sebenarnya cukup memudahkan masyarakat yang mencari kendaraan dengan harga lebih terjangkau. Namun, agak sedikit sulit untuk memilih dealer mobil bekas yang tepercaya, dan kita patut mewaspadai kredibilitasnya. 

sekarang makin marak showroom yang menjual mobil bekas dengan penampakan prima namun kondisi sebenarnya sudah bobrok. Itulah mengapa, membeli mobil bekas berkualitas sangat dibutuhkan kecermatan, ketelitian, kesabaran sekaligus wawasan yang luas.

untuk mendapatkan mobil bekas dengan kualitas tinggi, Anda harus paham benar soal mesin. Selain itu kondisi fisik hingga kinerja mobil juga harus dicoba secara langsung. Dengan begini, kita merasakan langsung kondisi dari sebuah mobil bekas apakah benar-benar sesuai dengan karakteristiknya.

Memilih dealer mobil bekas yang terpercaya memang tak mudah, karena penjual nakal dan tidak terpercaya tentu bisa mengakibatkan kerugian yang tak sedikit.

Cara Berburu Mobil Bekas, Agar Terhindar dari Pedagang Nakal

Sebelum mendatangi showroom mobil bekas untuk melihat-lihat calon mobil yang diinginkan, bekali diri Anda dengan informasi dengan melakukan riset online. Setelah menemukan merek dan model yang cocok, pastikan harga pasaran dan spesifikasinya.

Saat ini cukup banyak situs yang menyediakan berbagai ulasan mengenai mobil bekas secara lengkap. Kita bisa mengetahui soal pasaran dari mobil yang kita incar berikut dengan kondisi mobil serta kondisi pajaknya.

Ketika melihat mobil incaran dengan harga super murah, sebaiknya hati-hati dan jangan langsung tergoda mendatangi penjual mobil bekas tersebut. Ingat pepatah “ada harga ada rupa” yang juga berlaku saat membeli mobil bekas.

Apabila mobil ditawarkan dengan harga yang jauh di bawah harga pasaran, Anda harus lebih teliti dalam memeriksa kondisinya. Biasanya, ada beberapa bagian yang hasil akal-akalan bengkel. 

Karena masih ada pedagang yang hanya memilih bengkel yang murah, tapi mekaniknya tidak becus soal menangani suatu mobil sebagaimana mestinya.

Cek Kondisi Fisik Mobil

Agar lebih yakin dengan kualitas mobil yang akan dibeli, maka kalian perlu memperhatikan secara teliti kondisi fisik mobil tersebut. Tidak cuma body luar, tapi bagian interior hingga ke mesin pun perlu diperiksa. 

Pada interior, pastikan bagian perintilan seperti kisi-kisi AC, wood panel, atau cover pilar dan doortrim ini lengkap dan tidak ada yang rusak atau patah. 

Kemudian lakukan pemeriksaan kondisi mesinnya. Jangan mudah terpukau dengan penampakan mesin yang bersih dan mengkilap karena hal tersebut tidak menjamin kondisi mesin mobil sama sekali.

Langkah inspeksi mesin memang cukup sulit untuk dilakukan sendiri, apalagi oleh orang yang awam soal mobil. Untuk itu perlu membawa teman atau kenalan mekanik, atau bila perlu gunakan jasa pengecekan profesional yang biasa memeriksa mobil bekas.

Lakukan Test Drive Untuk Mengetahui Kondisi Real Mobil Bekas yang Diincar

Supaya lebih yakin dengan mobil bekas yang sudah diinspeksi,  jangan ragu untuk meminta test drive. Kamu akan lebih mudah merasakan kenyamanan dari mobil tersebut ketika membawanya melaju di jalan. Test drive ini akan mengungkapkan kondisi mobil sesungguhnya ila ada masalah pada sistem transmisi, mesin, atau kaki-kaki.

Periksa Dokumen Kendaraan dan Kondisi Pajaknya

Hal yang tak kalah penting saat membeli mobil bekas ialah memeriksa kelengkapan dokumen mobil tersebut. Periksa kecocokan antara BPKB dan STNK dengan nomor mesin dan rangka soal keasliannya. 

Jangan lupa juga perhatikan kapan pajak habis pada lembar pajak yang biasanya ada di balik STNK. Jika pajak sudah hampir habis, Anda bisa minta keringanan harga mobil incaran. 

Ciri Dealer Mobil Bekas yang Kredibel dan Terpercaya

Hal pertama yang bisa diketahui apakah dealer ini jujur atau tidak ialah si pedagang jujur dengan kondisi mobil, baik kondisi fisik maupun surat-suratnya. 

Agar dapat mengetahui kondisi teknis dari sebuah mobil yang kita incar, ada baiknya Anda membawa teknisi dari bengkel spesialis dari merek mobil tersebut. Jika dealer sudah ketahuan banyak bohong atau berkelit terkait kondisi mobil, lebih baik Anda mencari penjual lain.

Dealer mobil bekas terpercaya tentu berusaha selalu menjual mobil bekas berkualitas terbaik. Hal ini sangat penting karena akan sangat berpengaruh pada kredibilitas sang dealer dan kepercayaan dari konsumen. 

Carsome sebagai salah satu perusahaan penyedia mobil bekas telah melakukan inspeksi ketat pada 175 titik pemeriksaan, setiap aspek kendaraan, mulai dari mesin hingga sistem kelistrikan.

Memiliki Lokasi Dealer yang Mudah Diakses

Dealer mobil bekas yang terpercaya tentu bisa diakses dengan mudah oleh para pembeli. Hal ini menunjukkan komitmennya bahwa dealer tersebut bisa dipercaya. 

Carsome sebagai salah satu perusahaan penyedia mobil bekas telah memiliki jaringan dealer yang tersebar di beberapa kota, seperti Tangerang, Bekasi, dan Kelapa Gading (Jakarta Utara). 

Dengan begini, kamu sebagai calon pembeli bisa dengan mudah mendatangi dealer untuk melihat stok unit dan mencari tahu informasi soal mobil bekas yang akan dibeli. 

Carsome juga memiliki staff customer service yang akan membantu pelanggan mengetahui informasi seputar dealer dan unit mobil yang diinginkan. 

Memiliki Stok Unit yang Selalu Update

Stok unit yang selalu tersedia dan senantiasa update menjadi salah satu parameter bahwa dealer tersebut mampu menyuplai kebutuhan. Ini juga membuktikan bila dealer tersebut kondisi unitnya  meyakinkan dan bisa cepat terjual. 

Kamu juga bisa memilih unit lain bila tidak cocok setelah melakukan pengecekan terhadap kondisi dari suatu mobil bekas di dealer tersebut. Dengan begini, kita memiliki keleluasaan soal memilih mobil bekas yang lebih terjamin kondisinya. 

Berani Memberi Garansi Mobil Bekas

Tak cuma memberi kualitas mobil yang terjamin, dealer atau penjual mobil bekas yang terpercaya biasanya berani memberi garansi soalm unit yang mereka jual.  Dengan garansi tersebut, memudahkan konsumen dalam mendapatkan solusi ketika ternyata kualitas mobil yang didapat tak sesuai di kemudian hari. 

Carsome memberikan garansi 1 tahun untuk mesin, transmisi, dan AC pada setiap mobil bekas yang mereka jual sebagai bentuk jaminan kualitas. Hal ini jadi bentuk perlindungan bagi pembeli bahwa mereka bisa mengajukan komplain terhadap kerusakan yang tidak terduga setelah pembelian.

Harga yang Pasti dan Transparan

Dealer atau penjual mobil bekas yang terpercaya tentu berusaha transparan soal kondisi maupun harga unit yang mereka jual. Harga yang ditawarkan adalah harga pasti yang tidak akan berubah, dan tidak ada biaya tersembunyi.

Mungkin, harga yang ditawarkan oleh dealer terpercaya ini ada yang lebih tinggi daripada harga pasaran umum dari mobil tersebut. Namun, ini juga berkaitan dengan kualitas mobil yang ditawarkan lebih terjamin dan juga pembeli mendapat garansi dari mobil bekas yang mereka beli. 

(YS)



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang