Brisk Tawarkan Busi Mobil Berbahan Tembaga

Berita Otomotif

Brisk Tawarkan Busi Mobil Berbahan Tembaga

JAKARTA - Brisk Copper Racing dengan material utama tembaga dan didukung keramik terbaik memberikan pengapian terbaik bagi kendaraan.

Di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018, produsen busi asal Ceko muncul ke permukaan. Melalui distributor utamanya yakni PT Maju Gemilang Persada, busi Brisk coba meramaikan pasar pendukung otomotif Tanah Air. 

Di event ini, Brisk menghadirkan produk terbaru yaitu Copper Racing. Produk ini diklaim mampu menopang performa kendaraan lebih baik. 

Selain material tembaga dengan paduan perak, busi ini juga mengandalkan kekuatan dari keramik yang sudah mereka buat sejak 1934. Baru setelahnya (1935) Brisk masuk ke industri otomotif, dalam hal ini memproduksi busi. 

Vinci Tan dari Brisk Asia menjelaskan keunggulan busi Brisk adalah dari keramiknya yang kuat dan juga konstruksi busi yang menjadi satu kesatuan. 

"Untuk membuat keramik ini membutuhkan tiga kali proses pencetakan dan berlangsung selama 8 minggu. Dengan begitu, busi akan tahan terhadap panas lebih dari 900 derajat. Dengan proses ini maka tidak akan terjadi pemuaian yang tidak merata," kata Vinci kepada Mobil123.com di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat (28/4/2018). 

Giman, Direktur Utama PT Maju Gemilang Persada menegaskan faktor itu lah yang akan ditawarkan Brisk kepada konsumen Tanah Air. Bahkan, busi ini berani bersaing dengan busi iridium. Bahkan, data dari dynotest menyatakan busi Brisk Copper Racing punya grafik efisiensi lebih unggul.

"Penghantaran panas busi copper dan silver lebih baik 1,5 kali lipat dari busi iridium. Dengan begitu, tenaga mobil akan lebih maksimal dan pembakaran yang sempurna membuat mesin bersih karena tidak ada sisa pembakaran," ujar Giman. 

Vinci melanjutkan, hal ini pula yang menjadi alasan beberapa brand otomotif mempercayakan pasokan businya kepada Brisk. 

"Busi kami sudah menjadi OEM dari VW Group dan bahkan beberapa supercar sekelas Lamborghini," sahutnya. 

Untuk harga, busi Brisk Copper Racing ini rupanya dibanderol terjangkau yaitu Rp 60.000. Usia pakainya pun terbilang cukup lama yakni 40.000 km. [Ary/Ari] 



Ary Dwinoviansyah

Ary Dwinoviansyah

Ary mulai bekerja sebagai seorang jurnalis otomotif sejak tahun 2008 dan sangat mencintai sepedamotor. Nonton MotoGP merupakan salah satu hobi untuk menghabiskan akhir pekannya. Dia juga memimpikan memiliki mobil Transformers.


Berita Utama


Komentar